Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tip Belanja Hemat agar Tabungan Aman

7 September 2021   21:16 Diperbarui: 7 September 2021   21:25 130 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tip Belanja Hemat agar Tabungan Aman
ilustrasi belanja bersama keluarga (freepik/drobotdean)

Untuk bisa menabung, selain harus mencari penghasilan, kita juga perlu pandai-pandai mengatur keuangan. Kenyataannya selain untuk makanan dan transportasi, yang paling banyak menguras dompet kita adalah belanja mingguan atau bulanan. Apalagi setelah berumah tangga. Rasa-rasanya, kok kebutuhan banyak sekali ya.

Dari rumah sudah berencana, nanti belanja maksimal Rp 300 ribu saja. Eh, di kasir kok lebih dari Rp 500 ribu. Bagaimana bisa menabung.  "Gagal maning... gagal maning!"


Kalau Anda pernah merasakan hal yang sama, coba tip ini.

Buat Daftar Belanja

Saya terbiasa membuat daftar belanja kebutuhan mingguan di aplikasi memo yang tersedia di handphone. Saya akan mendata barang apa saja yang stoknya sudah habis atau tinggal sedikit.

Saya juga akan membuat rencana menu masakan sehari-hari sehingga tahu harus belanja bahan makanan apa saja untuk satu minggu. 

Memastikan bahan makanan yang cukup, juga bisa menghindari pemesanan makanan secara online atau harus keluar makan lagi. Jelas memasak sendiri lebih hemat bukan.
Pilihlah pusat perbelanjaan yang lengkap sehingga tidak perlu ke banyak tempat.

Buat Perkiraan Harga

Karena sudah sering berbelanja saya sudah hafal harga-harga barang, produk dan bahan makanan yang saya biasa beli. Maklum emak-emak hehe. Namun jika Anda belum terbiasa, maka Anda bisa mengimpan struk belanja Anda sebagai referensi belanja berikutnya.

Dengan perkiraan harga Anda jadi tahu, berapa besar KEBUTUHAN belanja Anda untuk sehari-hari. Usahakan untuk selalu menerapkan batasan belanja sehingga tidak mengganggu rencana tabungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan