Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Pengalaman Menurunkan Berat Badan Hingga 10 Kg

27 Agustus 2021   13:35 Diperbarui: 30 Agustus 2021   20:53 2687
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Hasil Diet (Freepik/Katemangostar)

Awal tahun 2019 berat badan saya masih 73 kg. Karena sedang menjalani program untuk memiliki keturunan, maka saya diminta dokter untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat agar berat badan ideal.

Perlu saya jelaskan, saya bukan ahli kesehatan. Maka, sharing pengalaman ini saya masukkan dalam kategori diary.

Tinggi badan saya 164 cm. Jadi indeks masa tubuh atau Body mass index (BMI) yang dianggap normal untuk tubuh saya adalah 50-67 kg. Anda bisa mengecek di google atau berbagai aplikasi BMI Calculator.

Sebenarnya sebelum menikah berat badan saya sekitar 60 kg. Tapi sejak menikah, kata orang saya bahagia. 

Tapi menurut saya ini karena saya sempat tinggal di rumah keluarga suami saya yang berlimpah makanan setiap hari dan banyak cemilan gurih dan manis.

Saya yang jarang makan malam juga jadi makan malam. Saya jadi mudah lapar dan ingin makan terus. Dalam satu tahun berat badan saya naik 10 kg.

Berat badan saya sekarang normal kembali menjadi 62-64 kg dalam waktu 6 bulan. Ini yang saya lakukan.

Tidak Memiliki Stok Cemilan

Ini hal yang sangat penting. Saya tidak membeli stok cemilan setiap belanja. 

Sejak tinggal di rumah sendiri, saya bisa mengatur sendiri makanan apa yang tersedia. Saya tidak stok keripik, roti, snack, atau mi instan. Kalau sedang pengen banget, maka harus beli dulu ke mini market. Cukup ribet. Jadinya justru jarang ngemil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun