Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Investasi Tanpa Modal yang Wajib Dimulai Sejak Kuliah

28 Juni 2021   08:05 Diperbarui: 28 Juni 2021   08:10 404 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.freepik.com/

Saat ini baik di media massa maupun media sosial sudah banyak menyediakan informasi tentang cara berinvestasi, dari mulai berinvestasi reksadana, saham, property dan lain sebagainya. Namun masih jarang saya menemukan konten tentang investasi yang jauh lebih mendasar daripada investasi di bidang keuangan, yaitu investasi diri

Padahal investasi diri ini, menurut saya jauh lebih besar efeknya dari segala investasi lainnya, tidak akan pernah rugi, tidak pernah salah dan sangat aman. Bagaimana tidak, kita membangun diri kita sebagai aset yang siap menghasilkan uang lebih besar dan lebih besar lagi. 

Makanya orang tua kerap bersedia merogoh kantong untuk pendidikan anak, karena pendidikan memang menjadi salah satu modal untuk meraih potensi kesuksesan lebih tinggi.

Berapa tahun waktu yang dibutuhkan untuk memetik hasil dari pendidikan? Bertahun-tahun bukan? Begitupula dengan deretan investasi diri berikut. Beberapa diantaranya akan membutuhkan waktu bertahun-tahun, tetapi potensi untuk mendapatkan keuntungan tentu tentu tidak akan mengkhianati usaha.

1. Jaringan Pertemanan yang Luas

Jaringan pertemanan merupakan aset yang sangat berharga. Contoh mudahnya kita lihat profesi marketing atau pengacara. Mereka yang memiliki jaringan luas akan lebih mudah dalam menjual produk mereka. 

Bila hubungan yang terjalin akrab maka tidak segan teman akan merekomendasikan. Namun pertemanan ini perlu terus dipupuk bukan sekedar kenal sekali lalu menghilang. 

Orang yang memili jaringan pertemanan yang luas juga cenderung lebih luwes dalam menghadapi perbedaan karakter manusia. Dia akan lebih mudah menghadapi pimpinan maupun rekan kerja di kantor.

Memiliki jaringan yg luas bukan berarti sembarangan. Perlu juga memilih circle terdekat  yang mendukung kamu untuk maju dan berkembang. Jadi mulailah untuk memiliki pergaulan seluas-luasnya namun pilihlah yang terbaik untuk menjadi yang terdekat.

2. Skill Berorganisasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan