Media

Kilas Balik Sejarah Media Online Dunia

11 September 2018   15:06 Diperbarui: 17 September 2018   10:52 285 0 0
Kilas Balik Sejarah Media Online Dunia
www.outsidethebeltway.com

Dengan keberadaan internet, media konvensional tidak ingin tertinggal. Banyak media konvensional kemudian membuat website dan menampilkan berita yang dimiliki di website mereka. Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi jurnalisme dunia.

Menurut tulisan yang ditulis oleh Paul Bradshaw dan presentasi mengenai sejarah jurnalisme online milik Univeristy of King's College, dapat disimpulkan terdapat banyak peristiwa yang mempengaruhi perkembangan jurnalisme online dunia hingga seperti sekarang ini. 

  • 1991 - 1999

1991 - Tim Berners-Lee memperkenalkan World Wide Website (WWW) browser.

1994 - Daily Telegraph memperkenalkan Electronic Telegraph. Koran pertama yang dipublikasikan melalui website adalah Palo Alto Weekly di California. Terbit setiap Rabu dan Jumat. 

1995 - Peristiwa bom di Oklahoma membuat masyarakat untuk pertama kalinya mencari informasi melalui internet. Lebih dari 150 outlet berita memiliki edisi online.

1997 - BBC Online hadir di internet. Peristiwa bunuh diri "Heaven's Gate", pelaku membuat website sebelum melakukan bunuh diri. The Dallas Morning News memberitakan berita eksklusif mengenai pelaku pengemboman di Oklahoma. Pertama kalinya berita utama dipublikasikan secara online.

1998 - Laporan The Drudge, mengenai hubungan gelap antara Presiden Clinton dan karyawan magang di White House, Monica Lewinsky. Hal ini membuktikan bahwa kantor berita kecil dapat menciptakan agenda berita nasional.

1999 - Pyra Labs membuat Blogger dan The Guardian memberitakan berita olahraga menit per menitnya yang kemudian disebut liveblogging.

  • 2001 - 2009

2001 - Peristiwa 9/11 dimana banyak website berita resmi yang bermasalah, sehingga berita dan daftar orang yang selamat disampaikan melalui blog-blog. 

2002 - Trent Lott mundur dari pemilihan Pemimpin Senat Amerika Serikat setelah bloggers menampilkan fakta-fakta yang ditolak oleh media konvensional.

2003 - Beberapa website menggunakan sistem berbayar. Selain berita breaking news, pembaca harus membayar untuk dapat membacanya. MySociety diluncurkan di Inggris sebagai platform yang memudahkan masyarakat untuk tahu mengenai pemilu yang sedang terjadi.

2003 -  Blog milik Salam Pax, yang dikenal dengan "Baghdad Blogger", yang menunjukkan perbedaan antara reporter perang dengan kekuatan militer dan menyuarakan pentingnya non-journalist blogger. Christopher Allbriton mendapatkan $15.000 dari blog miliknya "Back to Iraq 3.0", untuk mengirimnya ke perang dan memberitakan yang sedang terjadi secara independen. Kemudian ia mendemonstrasikan kemampuan blog untuk menghidupi kehidupan reporter independen.  

2004 - Rathergate atau Memogate. Pembaca berita CBS, Dan Rather mengundurkan diri setelah blogger mempertanyakan keakuratan berita mengenai pelayanan keamanan nasional milik Presiden Bush. Tsunami di Aceh mendemonstrasikan kemampuan website digunakan di area yang sulit diakses dengan banyaknya foto dan video dari telepon genggam yang di unggah ke website.

2005 - Rupert Murdoch menyatakan bahwa industri koran lamban dalam merespon perkembangan digital. Peristiwa Bom 7 Juli di London, menjadi momen penting bagi moblogging ketika foto di dalam terowongan yang terkena dampak bom menjadi viral di MoBlog dan The Sun. 

2005 - Adrian Holovaty meluncurkan chicagocrime.org yang membangun data journalism. Media konvensional mulai memanfaatkan video yang diunggah oleh pengguna. Laman berita berusaha membangun komuntas masyarakat di laman mereka. 

2006 - Blogger mendapatkan perlindungan di Amerika Serikat dan diakui di Kanada. 

2007 - Talking Point Memo membuka cerita mengenai pengacara Amerika Serikat yang dipecat dari luar negeri. Hal ini memperlihatkan kemampuan crowdsourcing, pembaca terlibat dalam investigasi dan mengungkapkan ke publik. Informasi dari Facebook dan media sosial lain mulai digunakan oleh media konvensional untuk memberitakan pembantaian di  Virginia Tech. Selain itu, pendemo Myanmar dilacak dari blog dan media sosial mereka.

2008 - Twitter menjadi alat baru bagi jurnalis untuk memberitakan berita mengenai gempa di China dan mencari bahan berita mengenai serangan teroris di India.

2009 - AOL membeli jaringan startup lokal Patch dan Going sebagai bentuk ekspansi.  

  • 2010 - 2016

2010 - iReport digunakan untuk mencari sanak saudara yang berkemungkinan menjadi korban pada gempa di Haiti. Wikileaks bekerja sama dengan organisasi berita untuk beberapa berita utama. Berita mengenai perang Iraq dan Afghanistan serta Cablegate mendominasi. Konsumsi berita online dan iklan melebihi konsumsi cetak untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2