Digital Pilihan

61 Tahun Perjalanan Sejarah dan Perkembangan Internet

10 September 2018   21:44 Diperbarui: 17 September 2018   11:07 831 1 1
61 Tahun Perjalanan Sejarah dan Perkembangan Internet
sciencenode.org

Sejarah internet dimulai sejak tahun 1957. Setelah itu internet melalui perkembangan yang panjang dan rumit. Hingga pada kini dapat nikmati oleh jutaan orang di dunia.

Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan hampir semua orang di dunia. Berdasarkan informasi yang dirangkum dari tulisan yang ditulis oleh Kim Ann Zimmermann dan Jesse Emspak mengenai lini masa internet, sejarah singkat mengenai internet oleh Tristan Fitzpatrick, dan panduan singkat mengenai internet yang dimuat di situs Investintech, terdapat banyak peristiwa dalam sejarah yang mempengaruhi keberadaan internet di dunia. 

Infografis Sejarah Internet, sciencenode.org
Infografis Sejarah Internet, sciencenode.org

  • 1957 - 1969

1957 - USSR (Union of Soviet Socialist Republics) meluncurkan Sputnik 1 ke angkasa. Sputnik 1 menjadi satelit pertama yang berhasil diluncurkan.

1958 - Sebagai respon kepada USSR, Amerika Serikat meluncurkan ARPA (Advanced Research Projects Agency). Hal ini dilakukan agar Amerika Serikat menjadi superior di bidang teknologi.

1961 - Leonard Kleinrock dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) membuat tesis yang berjudul "Information Flow in Large Communication Nets". Tesis tersebut menjelaskan mengenai teori dan konsep yang ia miliki mengenai pocket switching, teknologi awal jaringan internet.

1962 -  J.C.R. Licklider dari MIT mengusulkan konsep "Galantic Network". Konsep ini mengenai komputer yang terjaring secara global. 

1962 - Paul Baran, anggota dari RAND Corporation menemukan cara agar Air Force dapat mengontrol pengembom dan masyarakat apabila ada serangan nuklir. Penemuannya menjadi dasar dari jaringan yang terdesentralisasi dari packet switching.

1965 - Wide Area Network (WAN) computer pertama kali diciptakan. Komputer A TX-2 di Massachusetts terkonseksi dengan komputer lain di California dengan kabel telepon yang low speed dial up.

1968 -BBN (Beranek and Newman, Inc.) memenangkan kontrak ARPAnet dengan penemuannya mengenai IMP (Interface Message Processor).

1969 - BBN menciptakan switched network pertama yang menghubungkan 4 nodes di University of Utah, Stanford Research Institute, University of California-Santa Barbara, dan di UCLA. Pesan pertama yang dikirimkan adalah "LO" dari "LOGIN". Namun gagal karena sistem dari SRI tiba-tiba rusak.

  • 1970 - 1979

1970 - Network Control Protocol (NCP) dihadirkan oleh Network Working Group (NWG) untuk memenuhi kebutuhan standar protokoler yang memungkinkan komputer bekerja di satu koneksi yang sama untuk saling berkomunikasi.

1972 - Ray Tomlinson yang bekerja pada BBN memperkenalkan jaringan e-mail untuk pertama kali. Selain itu, ARPA secara resmi berganti nama menjadi DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency).

1973 - Jaringan skala global menjadi nyata dengan terkoneksinya University College of London (England) dan Royal Radar Establishment (Norway) dengan DARPA. Lahirnya istilah internet.

1974 - Vinton Cerf dan Bob Kahn mulai memperkenalkan desain TCP/IP yang memungkinkan komputer untuk saling terkoneksi walaupun berada di jaringan yang berbeda. Selain itu, Internet Service Provider (ISP) pertama, Telenet, hadir sebagai bentuk komersial dari ARPAnet.

1976 - Ethernet mulai diciptakan oleh Dr. Robert M. Metcalfe. AT& T Bell Labs menciptakan UUCP dan UNIX. Selain itu, SATNET, program satelit diciptakan untuk menghubungnkan Amerika Serikat dengan Eropa. Sehingga internet dapat meluas tidak hanya di Amerika saja. Pada tahun yang sama Ratu Elizabeth II mengirimkan e-mail pertamanya di Royal Signals and Radar Establishment (RSRE), Malvern. 

1977 - Modem PC pertama ditemukan oleh Dennis Hayes dan Dale Heatherington.

1978 - Bulletin Board System (BBS) ditemukan dan muncullah Spam. 

1979 - USENET, jaringan grup diskusi mengenai berita diciptakan oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan  Steve Bellovin. IBM memperkenalkan BITNET untuk sistem e-mail dan list.

  • 1981 - 1989

1981 - The National Science Foundation (NSF) menyediakan Computer Science Network (CSNET) 56 yang memampukan komputer untuk  masuk ke jaringan tanpa melalui jaringan pemerintah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3