Mohon tunggu...
Maria Vianney Afrista Amelinda
Maria Vianney Afrista Amelinda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UAJY

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Blog, Media Sosial, dan Jurnalisme Warga (Citizen Journalism)

11 Oktober 2021   00:35 Diperbarui: 11 Oktober 2021   00:56 106 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Media baru pastinya tidak akan jauh-jauh dari media online seperti blog dan media sosial, dan pastinya juga terdapat partisipasi dari para pengguna tersebut. Lalu apa sih blog dan media sosial itu? Kegiatan apa yang dilakukan oleh para pengguna media tersebut dalam konteks jurnalistik? Apa hubungan dari ketiganya?

 Blog 

Blog merupakan website yang berisi konten berupa opini, pengalaman, ataupun informasi pengetahuan dapat berbentuk artikel, video, foto, atupun gabungan dari ketiganya. Blog dikelola oleh orang yang biasa disebut blogger, dapat dilakukan sendiri atu bersama dengan beberapa penulis lainnya. Topik yang ditampilkan biasanya focus pada satu bidang tertentu, seperti Kesehatan, teknologi, kuliner, kecantikan, fashion, dan sebagainya. Selain dikelola oleh perseorangan,blog juga dapat dikelola oleh perusahaan yang digunakan untuk kepentingan bisnis seperti melakukan branding, publikasi dan mempromosikan produk sekaligus digunakan sebagai strategi pemasaran.

Blog biasanya bersifat dinamis sehingga konten yang ditampilkan perlu ditambah dan di update secara berkala, sehingga dapat dikatakan konten pada blog merupakan nyawa yang menentukan sukses atau tidaknya suatu blog. Blog memiliki beberapa manfaat, seperti sebagai sarana publikasi, sebagai portfolio online, sarana branding, dan mempromosikan produk dan jasa.

Terdapat beberapa jenis blog, seperti :

  • Blog Pribadi : blog yang dikelola secara pribadi dan penulis bebas dalam menentukan konten yang akan ditulis.
  • Blog Profesional : blog professional biasanya memiliki topik khusus dalam pembuatan konten dan konten dibuat untuk menunjukan profesionalitas dari pemilik atau penulis blog. Contohnya, penulis blog bekerja di bidang kuliner sehingga konten pada blog tersebut berisi seputar kuliner, seperti tips dan trik, rekomendasi tempat, dan sebagainya.
  • Blog Bisnis atau Perusahaan : blog dimanfaatkan untuk tujuan tertentu, seperti mempromosikan produk, mengumpulkan leads, dan sebagainya yang berkaitan dengan bisnis atau perusahaan yang memiliki blog tersebut.

Media Sosial

Media sosial merupakan media online yang para penggunanya dapat berpartisipasi,berbagi dan menciptakan konten meliputi blog, jejaring sosial (Facebook, Youtube, Twitter), wiki, forum, dan dunia virtual. Dalam penggunaanya, jejaring sosial lebih sering digunakan karena pengguna dapat membuat web page pribadi yang dapat terhubung dengan orang lain untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Selain itu, apabila pengguna dapat memanfaatkan media sosial dengan baik, pengguna dapat menggunakannya sebagai saran pemasaran, dagang, mencari koneksi, dan sebagainya yang dapat menguntungkan si pengguna. Namun dibalik manfaat tersebut terdapat kerugian mungkin akan di dapat oleh pengguna, seperti kecanduan, sulit bersosialisai, dan sebagainya.

Media sosial dapat dikelompok menjadi beberapa bagian besar, antara lain :

  • Sosial Networks, media yang digunakan untuk bersosialisai dan berinteraksi (Facebook, Linked in, dan sebagainya)
  • Share, media sosial yang menfasilitasi untuk saling berbagi (Youtube, Slidessahre, dan sebagainya)
  • Publish, media sosial yang dapat digunakan untuk mempublish sesuatu, seperti tulisan dan gambar (Wordpress, Wikipedia, blog, dan sebagainya)

Jurnalisme Warga (Citizen Journalism)

Jurnalisme warga atau Citizen Jornalism merupakan aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh seseorang dan bukan merupakan wartawan. Citizen Jornalism memiliki peran dalam proses pengumpulan data, analisis, dan penyebaran informasi. Biasanya orang melakukan  aktivitas tersebut menyebarkan informasi melalui media sosial seperti blog. Media massa sebagai salah satu sarana dalam mendapatkan informasi memberikan ruang kepada masyarakat yan ingin berbagi informasi dengan syarat informasi yang dibagikan merupakan suatu fakta, penting, dan menarik bagi banyak  orang.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas blog, media sosial, dan Citizen Jornalism saling berkaitan atau memiliki hubungan. Aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh seseorang yang bukan merupakan wartawan atau Citizen Jornalism, membagikan informasi yang didapat dan sudah diolah sedemikian rupa agar memenuhi unsur nilai berita dan kelayakan berita  dengan memanfaatkan media sosial seperti blog. Blog merupakan media sosial yang dipergunakan untuk membagikan informasi dalam bentuk teks, foto, dan video, atau gabungan dari ketiganya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan