Mohon tunggu...
Meliana Aryuni
Meliana Aryuni Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis pemula yang ingin banyak tahu tentang kepenulisan.

Mampir ke blog saya ya https://melianaaryuni.wordpress.com dengan label 'Pribadi untuk Semua' πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Penataan yang Baik Bikin Hati Pelanggan Tertarik

27 November 2022   12:36 Diperbarui: 28 November 2022   17:15 799
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: warung sembako/warung pintar. (Foto: FRANSISCA NATALIA UNTUK KOMPAS)

"Coba Ni nanti warungnya ditata sedemikian rupa kayak di supermarket biar pelanggan mudah untuk mencari barang dan warung Uni juga terlihat lebih rapi," usul suami saya kepada Uni John, istri si pemilik warung yang sudah menjadi langganan.

Warung kelontong Uda John adalah salah satu warung kelontong yang sering menjadi langganan saya di perantauan dulu.Β 

Warung ini lengkap banget. Semua kebutuhan rumah tangga mulai dari sembako, pakaian dan seragam, peralatan dapur, hingga pupuk (perlengkapan) pertanian tersedia di warung kelontong ini.

Semula saya pikir warung ini hanya menjual barang dengan harga grosir (bukan eceran), ternyata saya salah. Warung Uda John adalah warung kelontong yang menjual barang eceran dengan harga grosir. Inilah salah satu kelebihan warung Uda John.

Pertama kali ke warung kelontong ini, sungguh kesan yang saya tangkap adalah semberawut, tidak tertata, membingungkan, sumpek, dan lain sebagainya.Β 

Barang seperti snack atau camilan anak ada di bagian mana-mana sehingga saya agak malas untuk kembali. Namun, akhirnya aku kembali ke sana lagi setelah tahu bahwa harga gandum per 5 kg hanya 35 ribu dan 45 ribu per 5 kg sagu. Itu terjadi pada tahun 2021.

Seiring bertambah sering belanja dan akrab dengan pemilik warung, suami akhirnya menyarankan agar warung itu tertata sedikit rapi. Alhasil, setelah beberapa waktu berlalu, terlihat ada perubahan pada warung kelontong itu.Β 

Tampak di rak snack hanya ada deretan snack, yang tidak bercampur lagi dengan garam, gula, dan lain-lain. Di bagian belakang, tertata dengan bahan-bahan dapur seperti garam, gula, gandum, dan sebagainya.

Perubahan yang terjadi di warung Uda John membuat pelayan lebih mudah melayani pelanggan. Keefektifan waktu pencarian pun terjadi di sana. Uda dan Uni John sukses membuat warung ini tetap ramai dikunjungi bahkan bertambah lagi.

Saya yakin warung kelontong seperti miliknya Uda John ini banyak sekali di sekitar kita. Warung-warung ini hadir untuk memudahkan warga setempat dalam rangka memenuhi kebutuhan harian.Β 

Warung kelontong Uda John sedikit mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun