Mohon tunggu...
Meliana Aryuni
Meliana Aryuni Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis pemula yang ingin banyak tahu tentang kepenulisan.

Mampir ke blog saya ya https://melianaaryuni.wordpress.com dengan label 'Pribadi untuk Semua' πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Buruknya Kelakuan Pelajar Zaman Ini

21 November 2022   11:59 Diperbarui: 21 November 2022   12:04 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Instagram @komunitaspedulibullying

Menyedihkan sekali tayangan yang saya lihat 2 hari ini di Kumparan.com, Suara.com, dan beberapa media online lainnya. Tayangan yang menampilkan tindak kekerasan para pelajar di beberapa tempat. Saya pribadi mengecam keras atas tindakan seperti itu.

Tayangan pertama adalah ulah dari segelitir pelajar yang sengaja memasangkan helm ke salah satu pelajar yang sedang duduk, lalu seorang pelajar dari belakang memukul dan menendang pelajar berhelm itu hingga terjatuh.

Tayangan pertama, yaitu ada beberapa pelajar di Tapanuli Selatan terdengar tertawa saat menendang seorang nenek di tepi jalan. Entah apa yang dilakukan oleh si nenek ini (dari salah satu sumber beliau adalah ODGJ). Padahal ODGJ juga manusia, 'kan? Para pelajar ini menghentikan motornya di tepi jalan, lalu salah satu pelajar yang berada di depannya menendang si nenek hingga membuat nenek itu terjatuh ke aspal. Sungguh tidak terlihat sedikit pun rasa kemanusiaan di antara pelajar ini. Tega sekali, coba kalau mereka berpikir yang ditendang itu adalah ibu mereka?

Kedua kejadian tadi hanya sebagian kecil yang dipublikasikan. Padahal, dalam dunia nyata perilaku preman seperti ini kerap kali terjadi, seperti perkelahian antar pelajar karena memperebutkan pacar, pemalakan, saling sahut atau ejek-mengejek yang berujung perkelahian, dan masih banyak yang lainnya.

Miris, satu kata yang bisa saya sematkan untuk perilaku buruk tersebut. Para pelajar dengan statusnya sebagai orang yang diberikan ilmu seharusnya tidak melakukan tindakan tidak terpuji itu. Namun, kenyataannya mereka menjadi preman dan penentu hukuman di antara teman-temannya.

Siapa yang Salah?

Akan banyak perdebatan dalam menentukan siapa yang harus disalahkan bila pelajar itu melakukan tindak kejahatan? Apakah orang tua yang salah? Mungkinkah guru? Dapatkah masyarakat juga memiliki andil dalam tindak kekerasan pada pelajar ini?

Para orang tua dan guru pasti tidak ingin disalahkan bila anak atau siswanya bermasalah. Mereka akan menuding kalau mereka tidak berbuat salah. Padahal, bila dirunut, maka ada jejak mereka padanya. Namun, kita perlu menyelidiki apa yang sesungguhnya terjadi. Apakah Β kurikulum juga mempengaruhi perilaku buruk pelajar ini?

Keluarga, Pondasi Utama Pembentukan Perilaku Anak

Seorang anak akan meniru pada perilaku kedua orang tuanya. Sebab, sampai usia 5 tahun anak-anak akan diasuh dan dididik sepenuhnya oleh orang tua. Pada masa ini orang tua yang memahami tentang mendidik pasti akan memberikan pendidikan yang baik untuk anaknya dalam bentuk perbuatan nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun