Mohon tunggu...
MELIA DERIARTA
MELIA DERIARTA Mohon Tunggu... accounting '18

living in His sufficient grace

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

TB 2 Prof Dr Apollo: Beban atau Expense

18 Mei 2021   04:45 Diperbarui: 18 Mei 2021   22:12 117 7 6 Mohon Tunggu...

Kalian pasti tidak asing dengan beban atau expense dalam kehidupan sehari-hari, beban adalah sesuatu yang akan dicatat sebagai pengeluaran. sebelum kita membahas lebih lanjut tentang beban atau expense mari kita pahami dulu apa itu sebenarnya beban. menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), pengertian beban adalah penurunan masa manfaat ekonomi yang terjadi dalam suatu periode akuntansi berupa bentuk pengeluaran atau kurangnya aset ataupun terjadinya sebuah liabilitas yang akan mengakibatkan penurunan pada ekuitas tidak terkait dengan distribusi kepada penanam modal.

SAK atau Standar Akuntansi Keuangan mendefinisikan beban sebagai penurunan masa manfaat ekonomi yang berlangsung selama satu periode akuntansi didalam bentuk kas yang keluar, artinya kurangnya aktiva atau terjadi kewajiban akan mengakibatkan turunnya ekuitas yang tidak akan menyangkut pada pembagian dalam penanaman modal.

Beban juga dikenal sebagai sebuah pengorbanan usaha yang dikeluarkan bagi suatu hasil yang berkaitan dengan pendapatan, pengeluaran ini dinilai sebagai sumber mata uang yang direlisasikan dalam jumlah pendapatan dalam suatu periode akuntansi. Beban diklasifikasikan sebagai pendapatan dalam hasil perolehan perusahaan. contohnya seperti akun laba atau rugi yang biasanya terdiri dari beban listrik, sewa, gaji maupun penyusutan. Beban juga mengurangi pendapatan untuk kemudian dihitung sebagai laba bersih perusahaan, yang biasanya digunakan untuk menghasilkan untung atau ruginya suatu perusahaan. 

Pengakuan dan pengukuran beban

Kriteria pengakuan dan pengukuran beban diatur dalam ayat 83. Ayat 83 menjelaskan bahwa item diakui sebagai beban jika :

1. Adanya kemungkinan bahwa masa manfaat ekonomi masa depan berkenaan dengan aset mengalir ke entitas

2. Item ini berupa biaya / nilai yang dapat diukur melalui kehandalan

Beban diakui ke dalam laporan laba rugi bila terjadi penurunan masa manfaat ekonomi di masa yang akan datang tentang penurunan atau kenaikan kewajiban yang telah terjadi atau diukur secara andal.

Beban dapat diakui apabila memenuhi salah satu dari dua kriteria yang disebutkan diatas. Kriteria pertama berupa konsumsi manfaat, biaya atau rugi yang diakui apabila masa manfaat ekonomi  suatu entitas telah dimanfaatkan dalam suatu kegiatan operasi. Serta kriteria kedua berupa hilang atau kurangnya manfaat masa depan, berupa biaya yang diakui apabila aset sebelumnya diasumsikan berkurang masa manfaat atau tidak lagi memiliki masa manfaat ekonomi.

 

Expense vs Cost

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN