Mohon tunggu...
Melia Ardina
Melia Ardina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hanya Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

5 Langkah Menuju Percaya Diri

19 September 2022   18:53 Diperbarui: 19 September 2022   19:04 86 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kita pasti sudah sering mendengar kalimat "Self Love" atau "Love Yourself " . Itu timbul ketika kita tidak percaya diri sehingga banyak sekali akibat yang dapat menghalangi proses masa depan. Oleh karena itu, ada lima cara yang dapat dijalankan untuk melangkah menuju percaya diri.

Arti dari kalimat "Self Love" atau "Love Yourself" adalah mencintai diri kita senri apa adanya dengan bangga memiliki kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Ketika kita tidak mencintai diri sendiri maka timbulah tidak percaya diri. 

Percaya diri adalah yakin akan kemampuan diri sendiri dan kekurangan yang dijadikan kelebihan dan sebaliknya jika tidak percaya diri. Sehingga, akibatnya yaitu meragukan kemampuan diri sendiri, tidak tenang, menutup diri dan lainnya. Tetapi, seseorang yang penuh percaya diri tahu mengelola kemampuan diri sendiri, tidak takut terhadap resiko dan menganggap kegagalan untuk menuju keberhasilan.

Berikut merupakan lima langkah menuju percaya diri :

1. Ubah pandangan negatif menjadi positif

Ketika pikiran kita sudah mulai ke arah negatif seperti "Aku pasti tidak bisa" atau " Aku pasti gagal nih" alihkan ke pikiran positif seperti "Jika gagal aku bisa coba lagi" atau "Aku bisa kalau berusaha dahulu". Sebab, pikiran seperti itu dapat membuat kita melangkah satu langkah menuju percaya diri.

2. Pilihlah lingkungan yang mendukung atau positif

Memilih lingkungan seperti keluarga dan teman-teman yang penuh dengan hal positif yang dapat memengaruhi pikiran kita. Ingat memilih lingkungan disini bukan artinya memilih berdasarkan materi tetapi berdasarkan hal-hal positif yang menghampiri kita.

Maka dari itu, jika menemui lingkungan yang negatif atau memberikan pikiran kita buruk ataupun sedihkita harus segera menjauhi lingkungan tersebut. Ingat, kita harus bijak dalam memilih lingkungan yang dapat memberi kita jalan yang penuh dengan percaya diri.

3. Mencari tahu kelebihan dan kekurangan atau hal yang disuka

Kita pasti mempunyai kelebihan tersendiri dan kekurangan masing-masing. Jika kita sudah tahu kelebihan diri sendiri maka dapat dikembangkan menjadi tameng untuk kita lebih percaya diri sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan