Energi

Akankah Ada Pendinginan Global Setelah Pemanasan Global?

8 Februari 2018   23:18 Diperbarui: 8 Februari 2018   23:21 293 0 0
Akankah Ada Pendinginan Global Setelah Pemanasan Global?
Sumber: Kasihberita.com


Pemanasan global merupakan hal yang nyata dan sering diperbincangkan oleh masyarakat luas. Apa itu pemanasan global? Pemanasan global adalah meningkatnya suhu global yang terjadi pada lapisan antmosfer yang akan berbanding lurus dengan suhu di bumi, hal ini dipicu oleh peningkatan emisi gas rumah kaca, khususnya gas .

Apakah hal ini ada dampaknya bagi lingkungan manusia? Jawabannya, ada. Dampak dari pemanasan global sudah banyak kita rasakan saat ini. Contohnya kebakaran hutan, peristiwa mencarinya es di kutub bumi, siklon tropis, dan peristiwa lainnya. Mengapa bisa terjadi? Kita ambil peristiwa mencairnya es di kutub. Gas-gas rumah kaca meningkat, lalu menyebabkan peningkatan gas di atmosfer. Kemudian, suhu di udara meningkat dan menjadi panas. Akibatnya, es-es yang berada di kutub mencair dan menambah volume air laut. Tentu saja ini sangat berbahaya, apabila volume air laut meningkat, maka muncul kemungkinan daratan-daratan yang akan tenggelam.

Lalu kita ambil contoh lain yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat, yaitu siklon tropis. Siklon tropis merupakan sebuah fenomena atmosfer berupa pusaran atmosferik yang terbentuk di atas lautan pada wilayah tropis yang hangat. Kemudian, apa hubungannya dengan pemanasan global? Suhu global meningkat, maka suhu udara menjadi semakin panas, dan akan mempengaruhi suhu muka laut. Apabila suhu udara meningkat, maka suhu muka laut juga meningkat. Pada tekanan yang rendah dan suhu muka laut yang hangat yaitu di atas 26C, akan terbentuk pusaran angin besar dengan diameter 100 km, peristiwa ini disebut dengan siklon tropis. Siklon tropis sangat berbahaya apabila sudah mengenai daratan, karena bisa merusak fasilitas umum dan bangunan-bangunan. Siklon tropis juga dapat menimbulkan bencana-bencana lainnya, seperti banjir, angin puting beliung, dan lain-lain.

Dari pemaparan di atas, kita sudah mengetahui dampak-dampak apa saja yang ditimbulkan oleh pemanasan global. Lalu bagaimana cara mencegah dampak-dampak atas pemanasan global? Apakah pendinginan global dapat mengatasi permasalahan pemanasan global? Sebelum membahas itu, pendinginan global merupakan peristiwa dimana drastisnya penurunan suhu bumi dari suhu rata-rata harian. 

Pendinginan global telah terjadi pada masa lampau, yaitu pada zaman es. Bukti dari pendinginan global adalah ditemukannya fosil gajah mammoth yang masih lengkap dengan organ tubuhnya. Hal ini dapat dianalisis bahwa pendinginan global terjadi secara tiba-tiba. Selain peristiwa tersebut, telah tercatat juga peristiwa pendinginan global terbesar pada era 1940-an sampai awal tahun 1970-an, yang terjadi di Eropa, dikarenakan pada saat itu matahari tak menunjukkan satu pun titik matahari. Pusat penelitian di German GFZ menemukan bukti bahwa cahaya matahari minimum dapat menyebabkan pendinginan. Pendinginan matahari sebelumnya menyebabkan sungai di Inggris menjadi beku. Hal ini dikarenakan pendinginan matahari mengakibatkan suhu di permukaan bumi turun beberapa derajat dan secara tiba-tiba.

Dilihat dari kasus sebelumnya, pendinginan matahari sama berbahayanya, karena dapat menimbulkan permukaan menjadi beku di beberapa tempat, khususnya perairan. Apabila ini terjadi, maka pasokan air untuk kehidupan manusia akan menurun. Selain itu, pendinginan matahari juga berdampak pada makhluk hidup yang bertempat tinggal daerah tropis. Banyak dari manusia yang sulit beradaptasi dengan lingkungan cuaca ektrem, dan dapat mengakibatkan beberapa makhluk hidup tidak bisa bertahan hidup.

Pada faktanya, penelitian pada pendinginan global masih terbilang cukup jarang, dikarenakan kurangnya dasar-dasar teori yang mendukung pendinginan global. Selain itu, peristiwa pendinginan global terjadi pada masa lampau sehingga sulit untuk mendapatkan data-data dan memprediksikan kapan terjadi pendinginan global di masa yang akan datang. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa pendinginan global diprediksikan terjadi pada tahun 2040 mendatang. 

Hal itu belum bisa dipastikan karena kurangnya penelitian yang mendukung. Untuk itu, belum bisa dipastikan apakah pendinginan global merupakan solusi atas segala permasalah global. Dan belum bisa ditentukan, apakah pendinginan global akan terjadi setelah pemanasan global atau tidak sama sekali. Di samping itu, kita sebagai manusia juga berperan untuk mengurangi pemanasan global, dengan lebih memperhatikan lingkungan sekitar, menanam pohon-pohon, dan mengurangi kegiatan yang sifatnya menghasilkan gas agar suhu bumi ini tidak semakin meningkat.