Bisnis adalah sesuatu yang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam hal ini adalah dengan adanya transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang melakukan kesepakatan harga sehingga adanya keuntungan yang didapat antar kedua belah pihak. bisnis kuliner akan menjadi bisnis yang menjanjikan ntuk pelaku bisnis atau dengan kata lain, selama manusia masih hidup, bisnis makanan atau bisnis kuliner pun akan tetap hidup. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia setiap harinya. Dari itu bisnis kuliner menjadi bisnis paling berkembang diindonesia dan banyak dilirik oleh banyak pembisnis diindonesia. Namun dimasa pandemi covid-19 yang terjadi saat ini, pentingnya kegiatan promosi yang dilakukan sangat penting dalam meningkatkan pendapatan dan juga konsumen untuk bisa bertahan. Untuk itu perlu adanya kegiatan promosi yang tepat untuk mencapai tujuan yang ingin di raih.Â
Menurut Zakaria dan Sulaksono (2020) diindonesia pengguna Facebook menggunakan aplikasi ini dengan rate rata-rata 80 kali dalam waktu satu hari dan pengguna media sosial terbesar di dunia adalah negara Indonesia. Sehingga, pemanfaatan akan media sosial sebagai kegiatan promosi perlu adanya strategi pemasaran yang baik. Oleh sebab itu, pentingnya peranan akan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti digital marketing sangat diperlukan dalam persaingan bisnis kuliner dan pemanfaatan media sosial sebagai kegiatan promosi.Â
Digital marketing dalam pariwisata khusunya bidang kuliner bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan produk nya di media sosial agar menarik konsumen yang datang. Pada beberapa restoran dalam melakukan kegiatan promosi dimasa pandemi Covid-19 melakukan beberapa perubahan diantaranya merekrut SDM untuk bekerja sebagai Digital Marketing. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan kembali pendapatan akibat dampak dari adanya pandmei Covid-19. Peran digital marketing pada restoran dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet dan sosial media. Diantaranya;
Memanfaatkan media sosial yang ramai digunakan di Indonesia seperti facebook dan instagram.Â
Memanfaatkan media berita online
Bekerjasama dengan e-commerceÂ
Bekerjasama dengan aplikasi pemesanan makanan
Bekerja sama dengan influenzer atau selebgram
Memanfaatkan situs websiteÂ
Nah itu dia beberapa peran digital marketing yang dapat dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan SDM di masa pandemi Covid-19.Â
Ada yang berminat ?