Mohon tunggu...
Melda Alani
Melda Alani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Hubungan Internasional

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Perdagangan Internasional

24 September 2020   08:05 Diperbarui: 24 September 2020   08:14 18 1 1 Mohon Tunggu...

Perdagangan Internasional

A.Perdagangan Internasional adalah kerjasama antar negara atau lebih dalam kegiatan ekspor dan impor yang tertuang dalam perjanjian untuk mengesahkannya sehingga tercapai kepentingan nasional satu sama lain.

Negara negara di dunia melakukan perdagangan Internasional disebabkan oleh  

1.Meningkatkan hubungan persahabatan antar negara.

Ketika terjadi perdagangan Internasional maka, terjadi kesepakatan antar negara atau lebih sehingga menciptakan harmonisasi hubungan yang baik karna saling membutuhkan satu sama lain.

2. Perbedaan kebutuhan dan kepentingan yang tidak bisa didapatkan dari negara asal

Dengan perdagangan internasional, suatu negara yang memiliki  keterbatasan dalam hal sumber daya maka negara tersebut dapat melakukan impor kenagara lain untuk memmenuhi kepentingan nasionalnya. Dengan demikian kebutuhan setiap negara dapat tercukupi.

3. Keinginan untuk memperluas pasar dan masuknya investasi kedalam negeri

Munculnya Perusahaan perusahaan multinasional, perluasan pangsa pasar, dan juga kerjasama investasi untuk melakukan pembangunan ekonomi dalam negeri.

4. Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Perdagangan antar negara memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien. Perdagangan luar negeri membuat suatu negara dapat mengimpor mesin-mesin atau alat-alat modern untuk melaksanakan teknik produksi dan cara produksi yang lebih baik dan juga sumber daya manusia yang ahli dibidangnya . Dengan demikian, teknologi yang lebih modern dapat meningkatkan produktivitas dan dapat mengadakan spesialisasi produksi. (Terjadinya transfer barang yang akan diikuti dengan masuknya modal ke dalam negeri dan juga terjadinya transfer teknologi dari luar ke dalam negeri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x