Mohon tunggu...
Melda Alani
Melda Alani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Hubungan Internasional

Selanjutnya

Tutup

Politik

Andai Saya Menjadi Sekjen ASEAN: Apa yang Akan Saya Lakukan dalam Menciptakan Integrasi?

22 September 2020   09:50 Diperbarui: 22 September 2020   10:06 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

ASEAN merupakan organisasi kawasan yang berada di Asia Tenggara yang terdiri dari negara Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja

 Andai Saya menjadi Sekjen Asean saya akan bertanggungjawab, dan berusaha maksimal dalam melaksanakan tugas dan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya. Saya sangat berharap bahwasannya dedikasi terhadap Organisasi ASEAN dapat membawa negara negara ASEAN menjadi lebih baik dan sajehtra. Saya akan membuat kebijakan kebijakan yang menciptakan integrasi pada negara negara ASEAN

Integrasi merupakan pembauran atau penyatuan dari berbagai aspek ( regional,, ekonomi, sosial, pendidikan, dll) yang dilakukan oleh satu negara atau lebih untuk mencapai tujuan dan menjadi satu kesatuan yang utuh.

1. Integrasi Ekonomi

Adapun "Cetak Biru ASEAN Economic Community (AEC)" berisi rencana kerja strategis dalam jangka pendek, menengah dan panjang hingga tahun 2015 menuju terbentuknya integrasi ekonomi ASEAN adapun isinya :

a.   Menuju single market dan production base (arus perdagangan bebas untuk sektor barang, jasa, investasi, pekerja terampil, dan modal);

b.   Menuju penciptaaan kawasan regional ekonomi yang berdaya saing tinggi (regional competition policy, IPRs action plan, infrastructure development, ICT, energy cooperation, taxation, dan pengembangan UKM);

c.   Menuju suatu kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata  (region of equitable economic development) melalui pengembangan UKM dan program-program Initiative for ASEAN Integration (IAI); dan

d.   Menuju integrasi penuh pada ekonomi global (pendekatan yang koheren dalam hubungan ekonomi eksternal serta mendorong keikutsertaan dalam global supply network).

Saya akan tetap melanjutkan rencana kerja dari Masyarakat Ekonomi ASEAN karna implementasi nya belum sepenuhnya terealisasikan.

Adapun yang akan saya lakukan untuk mencapai integrasi ekonomi adalah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun