Mohon tunggu...
Melda bonita
Melda bonita Mohon Tunggu... Tarigan

Tidak hilang semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Rasa Kebangsaan Menimbulkan Sikap Nasionalisme Generasi Bangsa

10 Juni 2021   02:20 Diperbarui: 10 Juni 2021   02:22 237 1 0 Mohon Tunggu...

Bangsa indonesia merupakan suatu bangsa yang pluralistis yang terdiri dari berbagai sosial, etnis bangsa, suku dan budaya, bahasa, agama dll. Maka dari itu asas negara Indonesia adalah sebagai bangsa yang memiliki keragaman meskipun terdiri dari berbagai suku, kelompok suku, budaya adat istiadat, bahasa serta agama tetapi terintegrasi dalam kesatuan dan kesatuan. 

Budaya adalah untuk bersatu dan tidak terpecah belah hanya saja pelestarian budaya indonesia masih sangat lemah dan pertumbuhan peradaban budaya dunia berkembang sangat cepat. Dengan ini rasanya kebanggaan identitas dibutuhkan secara nasional. Sedangkan kata Nasionalisme adalah nasionalisme yang memiliki arti sebagai kesadaran dan semangat cinta tanah air.

Sikap nasionalisme ini akan tergambar dalam prilaku hormat melestarikan, mempromosikan serta melindungi dan untuk penampakan sikap nasionalisme diperlukan suatu usaha dari bangsa Indonesia sendiri  untuk berprilaku ke arah nilai- nilai Pancasila maka dari itu pendidikan dalam penanaman sikap nasionalisme untuk membuat generasi menyadari bahwa kebersamaan itu menjunjung tinggi cinta tanah air (nasionalisme) jadi begitu pentingnya bagi generasi penerus bangsa untuk dihormati identitas nasional yang tinggi.

Dan jika ada suatu karakter siswa yang berbeda maka akan menyebabkan munculnya pandangan pemikiran dan keinginan yang berbeda menyebabkan hilangnya sikap nasionalisme maka dari itu mulailah untuk saling menyatukan karakter yang berbeda sehingga pandangan serta pemikiran kita menjadi lebih bersatu sehingga dapat mencapai sikap nasionalisme terutama sebagai genarasi penerus bangsa. 

VIDEO PILIHAN