Mohon tunggu...
Melati Wulandari
Melati Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UPN Veteran Jakarta

seorang mahasiswi biasa yang mempunyai minat pada bidang komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Masyarakat Ideal dalam Pandangan Masyarakat

4 Desember 2022   21:59 Diperbarui: 4 Desember 2022   22:55 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masyarakat secara umum merupakan sekelompok manusia yang terjalin erat satu sama lain dikarenakan sistem tertentu, tradisi, konvensi, dan hukum-hukum tertentu yang terbilang sama pada suatu wilayah. Orang-orang didalamnya saling berhubungan antar satu manusia dengan manusia lainnya dan membentuk suatu kesatuan. Terdapat juga sistem hukum didalamnya yang sesuai dengan nilai, norma, dan budaya orang-orang didalamnya.

Masyarakat di negara kita Indonesia, sangatlah beragam dan diwarnai oleh berbagai macam perbedaan. Hal itu dikarenakan negara kita memiliki banyak pulau serta berbagai suku bangsa, adat, budaya, dan agama yang berbeda-beda. Perbedaan masyarakat di Indonesia tidak menjadi penghalang untuk kita menjadi bangsa yang satu seperti semboyan kita yaitu "Bhineka Tunggal Ika" yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan tersebut menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia walaupun memiliki beragam perbedaan didalam masyarakatnya.

Keberagaman masyarakat di negara kita Indonesia, tentunya memiliki berbagai dampak dari dampak positif dan juga negatif. Berdampak positif dimana dengan beragamnya masyarakat di Indonesia memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan negara kita. Sedangkan dampak negatifnya yaitu dapat terjadinya ketidakharmonisan atau tidak rukunnya bangsa dan negara, bahkan dampak terburuknya bisa terjadi perpecahan atau konflik jika tidak diatur dengan baik dan benar. Konflik tentunya menimbulkan kerugian, tidak hanya merugikan sekelompok masyarakat saja melainkan dapat merugikan bangsa kita secara keseluruhan. Karena itu kita harus menjunjung tinggi rasa kesatuan dan persaudaraan agar terwujud masyarakat yang aman, damai, tentram, atau bahkan menjadi patokan dari arti masyarakat ideal.

Bagaimana pandangan masyarakat kita terdahap arti dari masyarakat ideal?

Masyarakat Ideal, Mungkin banyak dari kita yang sering mendengar dua kata tersebut. Tetapi tahukah kita apa arti sebenarnya dari kata "Masyarakat Ideal"?. Setiap orang pasti mempunyai perspektif atau pandangan masing-masing mengenai hal ini. Berawal dari apa arti masyarakat dan apa arti ideal itu sendiri hingga dapat dipahami makna sebenarnya dari kedua kata tersebut.

Menurut Max Weber, masyarakat adalah suatu struktur atau aksi yang pokoknya ditentunkan oleh harapan dan nilai-nilai yang dominan pada warganya. Sedangkan menurut Soerjono Soekanto arti dari kata masyarakat adalah suatu sistem hidup bersama yang memunculkan suatu kebudayaan dan juga keterikatan satu sama lain, dimana berbagai pola serta tingkah laku yang khas menjadi pengikat antar satu kesatuan manusia dan bersifat secara berkelanjutan. Dan arti dari kata "Ideal" menurut KBBI ialah sesuatu yang sangat sesuai, yang dicita-citakan, yang diangan-angankan, atau yang dikehenadaki.

Dari beberapa pengertian-pengertian tersebut maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa masyarakat ideal secara umum yaitu keadaan suatu sistem hidup bersama yang sesuai dengan struktur dan nilai-nilai pada warga didalamnya atau diidam-idamkan. Namun, tentu saja suatu pandangan akan berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Masyarakat terdiri dari banyak golongan dan orang-orangnya memiliki sifat serta pandangan yang berbeda. Beberapa diantaranya mungkin memandang arti masyarakat ideal dengan cara yang sama tetapi beberapa juga memandangnya berbeda.

Lalu bagaimana masyarakat ideal yang seharusnya?

Anda bisa memikirkannya secara baik dan matang apa konsep dari masyarakat ideal yang sangat anda impikan. Menurut penulis, masyarakat ideal adalah sebuah konsep impian kehidupan dimana warga didalamnya dapat merasa nyaman, aman, tentram, dan tidak merasa kekurangan atau kesulitan. Hal tersebut mungkin terdengar klasik tetapi secara nyata sulit untuk didapatkan atau direalisasikan. Ada beberapa hal yang mungkin diinginkan oleh masyarakat dalam mewujudkan masyarakat ideal.

Toleransi antar satu dengan yang lain baik dalam hal kepercayaan, budaya, dan perbedaan apapun itu adalah hal yang sangat didambakan. Banyak masyarakat yang telah menerapkan toleransi dan menghargai orang lain yang berbeda dengannya, tetapi banyak juga yang memaksakan pemikirannya harus benar dimata orang lain sedangkan pandangan orang lain tentu saja ada yang berbeda dan kita tidak bisa memaksanya untuk satu paham. Keberagaman masyarakat Indonesia tentu menjadi faktor utama mengapa toleransi sangat amat dibutuhkan dan alangkah baiknya jika terlaksana dengan baik dan menjadi salah satu aspek dari arti masyarakat ideal.

Hidup yang nyaman dengan gotong royong. Gotong royong adalah hal yang mungkin tidak asing tetapi juga mulai pudar dibeberapa kota-kota besar. Arti dari gotong royong menurut Sudrajat (2014:14) yaitu bentuk dari solidaritas sosial yang terbentuk karena adanya bantuan dari pihak lain, untuk kepentingan pribadi maupun kelompok sehingga didalamnya terdapat sikap loyal dari setiap warga sebagai satu kesatuan. Gotong royong dapat menjadi suatu hal yang didambakan sebagai masyarakat ideal karena gotong royong juga merupakan salah satu ciri khas dari bangsa kita, Bangsa Indonesia seperti yang tertulis pada Pancasila dalam sila ke-3 yaitu "persatuan Indonesia".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun