Mohon tunggu...
Melati ER
Melati ER Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Cerita

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Merawat Buku

28 Mei 2021   14:34 Diperbarui: 28 Mei 2021   16:02 183 8 5 Mohon Tunggu...

Sebagai penggemar literasi maupun sebagai penulis pastinya akan banyak buku yang disimpan. Terutama buku-buku yang menjadi sumber inspirasi, buku hadiah teman sebagai ungkapan berulang tahun maupun buku oleh-oleh dari teman sesama penggemar literasi. 

Akibat banyaknya tumpukan buku, maka biasanya akan menyimpan dalam rak  buku atau lemari buku. Sayangnya buku menjadi berdebu, memudar warna sampulnya bahkan tak jarang yang dimakan hewan kecil seperti rayap atau ngengat. Sehingga ketika buku akan dibaca tengahnya atau bagian tulisan sudah pada berlubang  tidak  ada yang selamat dari hewan pemakan buku tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya buku selalu dirawat meskipun tidak harus sesering mungkin, bisa dilakukan satu hingga dua bulan sekali. 

Dengan cara:

1. Membersihkan dari debu

Buku-buku yang ada di dalam rak maupun buku-buku yang tertumpuk di luar rak, dibersihkan dengan lap kering kaos atau kemoceng kecil dari debu.

2. Mengangin-anginkan Buku

Mengangin-anginkan buku ini dilakukan bila buku-buku berada di lemari atau tempat yang lembab agar tidak menimbulkan tumbuh jamur pada buku-buku tersebut. Tumbuhnya jamur pada buku akan membuat kertas pada buku  rapuh bahkan tulisan pun terkadang menempel pada sisi lainnya, karena lembab.

3. Memberi sampul plastik

Cover buku agar tidak cepat rusak karena banyak hal, sebaiknya disampul plastik, buku akan awet dan terjaga warna  cover-nya.

4. Lemari/rak buku yang tertutup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x