Mohon tunggu...
Melani DwiKhotimah
Melani DwiKhotimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

semangatttt!!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Faktor Rendahnya Pendidikan di Indonesia

8 Desember 2021   23:21 Diperbarui: 8 Desember 2021   23:23 58 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Banyak masalah sosial yang ada di Indonesia seperti, kemiskinan, pengangguran, korupsi, kenakalan remaja, hingga Pendidikan yang rendah. Kali ini saya akan menyampaikan topik masalah sosial yaitu Pendidikan yang rendah. Karena seperti yang kita tahu pendidikan sangatlah penting untuk kemajuan bangsa. Pendidikan adalah bidang yang dapat menunjang kemajuan dari suatu bangsa. 

Oleh karna itu, generasi muda Indonesia harus memiliki Pendidikan yang tinggi untuk turut memajukan bangsa. Namun yang terjadi di Indonesia tidak sedikit generasi muda yang menyepelekan Pendidikan sehingga banyak sekali masyarakat yang putus sekolah.

Mengapa masalah ini bisa terjadi? Seharusnya pendidikan adalah sarana kita untuk menyiapkan diri melalui kegiatan belajar, bimbingan, dan latihan untuk peranannya nanti dimasa yang akan datang. 

Melalui Pendidikan inilah seseorang bisa mengembangkan bakatnya, belajar mengendalikan dirinya, dan memberikan pengarahan akhlak yang baik yang tentunya sangat berpengaruh bagi dirinya sendiri, masyarakat, maupun negara dimasa depan. 

Banyak faktor yang menyebabkan Pendidikan di Indonesia ini menjadi rendah, seperti pola pikir orang tua, rendahnya kualitas tenaga pendidik, tidak adanya fasilitas yang memadai, dan faktor-faktor lainnya.

Nah teman-teman mengenai faktor pola pikir orang tua di Indonesia, tidak sedikit loh orang tua yang tidak memedulikan pendidikan anaknya. Tidak sedikit juga bahkan ada yang berfikir, bahwa seorang wanita tidak perlu sekolah tinggi-tinggi karna nantinya akan mengurus rumah tangga dalam sebuah keluarga. 

Padahal pendidikan adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh wanita dengan setinggi tingginya. Wanita berhak bekerja, bahkan mengurus anak- anak mereka kelak. 

Pendidikan yang baik bagi masa depan bukan hanya dari Lembaga Pendidikan seperti SD, SMP, SMA Sederajat, namun juga berawal dari keluarga terutama ibu sebagai orang tua. Kita sebagai Wanita harus bisa membimbing dan memberikan pembelajaran kepada anak mengenai bagaimana cara bersikap dengan baik.

Namun tidak semua orang tua berfikir seperti itu. Kita bicarakan dari sisi anak atau generasi muda itu sendiri. Tidak sedikit loh, orang tua yang mungkin ingin sekali menyekolahkan anaknya setinggi-tingginya, namun tidak memiliki biaya, sehingga anak itu sendiri menjadi enggan bersekolah karena merasa takut membebani perekonomian keluarga. 

Dalam hal ini, bukankah sudah banyak beasiswa yang dapat kita gunakan? Contohnya seperti KJP (Kartu Jakarta Pintar) untuk yang berdomisili di Jakarta ataupun PIP (Program Indonesai Pintar) dan masih banyak lagi beasiswa yang bisa kita gunakan untuk menempuh pendidikan.

Selain faktor orang tua, faktor penyebab rendahnya Pendidikan di Indonesia adalah tidak adanya diskusi 2 arah antara guru dan murid. Mulai dari Tk, kita diajarkan untuk duduk diam sambil mendengarkan apa yang guru sampaikan. Hal ini lah yang menyebabkan anak menjadi enggan untuk bertanya ataupun memberikan tanggapan kepada guru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan