Mohon tunggu...
Ameliaff
Ameliaff Mohon Tunggu... suka ngopi tapi mudah sakit perut :v

masih amatiran :h

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengambil Keputusan yang Bertanggung Jawab pada Anak

12 Mei 2020   18:46 Diperbarui: 12 Mei 2020   18:42 20 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengambil Keputusan yang Bertanggung Jawab pada Anak
www.dictio.id

Pada dasarnya mengambil keputusan merupakan tindakan yang masih sulit dilakukan oleh anak. Mengambil keputusan yang bertanggung jawab bukanlah hal yang mudah dilakukan apalagi oleh seorang anak. Karena mereka belum sepenuhnya dapat mengerti masalah yang terjadi.

Saya sering menemui anak ketika keluar berbelanja bersama ibunya, ketika ia menginginkan sesuatu yang mengharuskannya memilih salah satu diantara keduanya, anak cenderung masih menoleh (meminta pendapat pada ibunya), hal itu menunjukkan bahwa anak tersebut masih kesulitan dalam mengambil keputusannya.

Pada dasarnya  mengambil keputusan  sangatlah perlu di tanamkan sedini mungkin. Berawal dari hal yang sangat sederhana dan sesuai dengan umur serta kemampuan mereka. Agar kelak anak terbiasa dengan mengambil keputusan sendiri dan mantap dengan keputusan tersebut. Banyak kasus orang tidak bisa mengambil keputusan dengan mantap, kurang yakin dengan keputusan yang diambil hingga dewasa. Untuk menghindari hal itu terjadi maka kita sebagai orang tua harus melatihnya sedari kecil.

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab yang definisikan oleh Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL) adalah kemampuan untuk membuat pilihan konstruktif tentang perilaku pribadi dan interaksi sosial berdasarkan standar etika, masalah keselamatan, dan norma sosial.

Mengambil keputusan yang bertanggung jawab juga harus dengan standart etika, masalah keselamatan, dan norma tidak sukur-sukur menghasilkan keputusan. Proses pengambilan keputusan ini dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan. Banyak orang mengira pengambilan keputusan pada anak usia dini dianggap remeh, karena mereka merasa keputusan anak tidak terlalu penting.

Berikut cara yang dapat menjadi acuan anak yang dapat orang tua ajarkan kepada anak untuk dapat mengambil keputusan :

1) Pahami masalah secara luas

2) Kumpulkan data dan lakukan analisis

3) Meminta saran dari orang-orang yang berpengalaman 

4) Jangan Tergesa-gesa. Pikirkam secara matang sebelum bertindak

5) Tenangkan pikiran, mengambil keputusan dengan kepala dingin bukan secara emosional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN