Mohon tunggu...
Ameliaff
Ameliaff Mohon Tunggu... suka ngopi tapi mudah sakit perut :v

masih amatiran :h

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tumbuhkan Kesadaran Sosial Anak dengan Empati

27 April 2020   16:47 Diperbarui: 27 April 2020   16:48 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tumbuhkan Kesadaran Sosial Anak dengan Empati
halodoc.com

Pada hakikatnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yaitu tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Sebagai makhluk sosial pasti juga akan melakukan interaksi setiap harinya yang melibatkan individu atau kelompok lainnya.

Manusia diciptakan tidak ada yang sempurna masing-msing pasti memiliki kekurangan dan juga kelebihan. tetapi, kekurangan tersebut akan terpenuhi saat melakukan komunikasi sosial.

Nah.. sekarang kita akan membahas tentang social awareness atau bisa disebut juga dengan kesadaran sosial.

Social awareness berasal dari bahasa inggris yatu social dan awareness. Social berarti sosial dan awareness berarti kesadaran. Jadi, bisa disimpulkan bahwa social awareness berarti kesadaran sosial.

Ada banyak definisi tentang kesadaran sosial menurut para ahli, salah satunya menurut Goleman kesadaran sosial adalah kemampuan seseorang untuk mengenali orang lain atau menumbuhkan suatu kepedulian yang kemudian menunjukkan sikap empati terhadap orang lain disekitarnya.

Kesadaran sosial ini juga dapat ditumbuhkan sejak usia dini yaitu dengan menanamkan sikap empati pada anak. Karena dengan sikap empati akan menciptakan hubungan baik dengan orang lain. dengan seseorang memiliki sikap empati maka orang tersebut akan menghargai orang lain dan  akan memandang orang lain sama pentingnya seperti diri sendiri.

Kesadaran sosial juga sangatlah penting untuk setiap manusia dalam kehidupan bermasyarakat. dengan kesadaran, seorang individu dapat memahami realitas dalam hidup bermasyarakat.

Menurut sheldon (1996) bahwa kesadaran sosial memiliki tiga dimensi yaitu :

  • Tacit awareness : prespektif diri dan prespektif orang lain
  • Focal awareness : diri sendiri sebagai objek dan orang lain sebagai objek
  • Awarenes content : penampilan dapat diobservasi dan pengalaman tidak dapat diobservasi

sekian, semoga bermanfaat :v

 

VIDEO PILIHAN