Mohon tunggu...
Tonnly Mejuah Juah
Tonnly Mejuah Juah Mohon Tunggu... karyawan swasta -

AAL IZZ WELL

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Kenapa Musik di Supermarket itu Slow Terus Yah?

28 Januari 2012   04:11 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:22 1788
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bagi penyuka musik dan bergelut setiap hari didalamnya maka anda pasti sudah tahu alasanya, bukan?

Secara tidak sengaja, saya mendengarkan sebuah kaset yang memutarkan perihal eksistensi musik dan pengaruhnya dalam dunia bisnis khususnya di supermarket dan restoran.

Bagi kiita yang sering main ke supermarket atau mall dan bila kita perhatikan dengan seksama maka kebanyakan lagu yang akan dlimainkan di supermarket itu adalah lagu lagu yang slow, jauh dari kesan cadas. Saya juga kurang dalam memperhatikan ini, tapi memang seingat saya belum pernah ada lagu-lagu sebangsa lagunya system of down atau offspring yang diputarkan di mall. Yang paling sering saya dengar adalah lagunya Deep Purple, Soldier of Fortune atau lagu soft lainya. Ini kenapa yah?

Kejadian yang mendengar secara sekilas itu memberikan saya sedikit gambaran atau alasan perihal pertanyaan saya diatas. Ternyata berdasarkan kaset yang saya dengarkan, musik itu sangat baik untuk meningkatkan jumlah penjualan  (Increase sale) dan juga meningkatkan efektifitas kerja para karyawan (employee Performance). Masih berdasarkan kaset iitu, bahwa musik dapat mengurangi tingkat stress dan juga kebosanan bagi para pekerja terutama dijam-jam menjelang sore.

Nah sementara untuk pengunjung mall, atau supermarket, memutar musik-musik yang bergenre slow dapat merangsang aktifitas pengunjung. Secara tak langsung musik slow memainkan iramanya untuk mempengaruhi para pengunjung untuk berjalan lebih lambat. Berjalan lebih lambat tentunya memungkinkan pengunjung untuk melihat lihat dengan tempo waktu yang lebih lama. Situasi seperti ini tentunya akan menambah peluang bahwa pengunjung akan membeli produk-produk yang ditawarkan oleh mall atau supermarket. Tebak siapa jadinya yang diungtungkan bila kasusnya sudah seperti ini?

Beda tempat beda aplikasinya, masih berdasarkan kaset tersebut, di restoran umumnya musik yang akan dihidupkan adalah musik-musik yang bergenre cepat, terutama saat jam makan siang (lunch hour). Musik yang cepat ini akan merangsang para pengunjung untuk memakan pesanannya dengan cepat pula. Hal ini tentunya akan membawa berkah bagi pihak restoran, dimana dengan gaya makan yang cepat maka proses sirkulasi pengunjung untuk keluar dan masuk (termasuk memesan makanan) ke restoranpun akan cepat pula. Selain itu dengan gaya makan yang cepat memungkinkan pemesan untuk tambo (minta tambah)

Salam sayang,

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun