Meizyya
Meizyya Mahasiswa

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Cara "Creative People Zaman Now" Atasi Kejenuhan

12 Januari 2018   15:39 Diperbarui: 12 Januari 2018   15:43 506 0 0
Cara "Creative People Zaman Now" Atasi Kejenuhan
minyak kayu putih aromatheraphy green tea, lavender dan rose

ceritakuuuu

"Ibu, gatall bu digigit nyamuuk" kataku sambil menunjukkan bagian tubuh yang digigit nyamuk dan menggaruknya dengan kesal. Dengan segera ibuku yang mendengar celotehanku itu  mengambil minyak kayu putih cap lang dan langsung mengoleskannya ke bagian yang digigit nyamuk. Dengan polosnya, ketika ibuku sedang mengoleskan minyak kayu putih cap lang itu ke tubuhku, aku langsung memalingkan wajahku dan menutup hidungku rapat-rapat supaya aku tidak mencium bau dari minyak kayu putih cap lang.

Aku memang tidak tahan dengan bau dari minyak kayu putih cap lang, namun aku lebih tidak tahan lagi jika harus menahan rasa gatal akibat gigitan nyamuk ditubuhku makanya aku selalu meminta ibuku untuk mengoleskan minyak kayu putih cap lang supaya rasa gatalnya cepat hilang dan aku tidak perlu menggaruk-garuknya hingga menjadi sebuah bentol besar berwarna merah dan terasa panas dikulit.

Begitulah tingkahku ketika aku digigit nyamuk saat kecil dulu. Ibuku selalu sedia minyak kayu putih cap lang dirumah. Selain untuk mengobati gigitan nyamuk, minyak kayu putih cap lang juga digunakan untuk mengobati masuk angin dan bisa digunakan untuk mencegah masuk angin karenanya ibuku selalu mengoleskan minyak kayu putih cap lang sehabis mandi. 

Rasanya yang hangat ditubuh membuatku nyaman setiap kali diolesi minyak kayu putih cap lang. Selain itu, kemasannya yang praktis karena menggunakan plastik membuat para ibu tidak perlu khawatir pecah dan tumpah ketika dipegang oleh anaknya yang masih kecil.

Lain dulu, lain sekarang yaa kompasianers ........

Sekarang dijaman yang serba modern dimana teknologi berkembang dengan cepat, banyak perusahaan berlomba-lomba mengeluarkan inovasi baru pada produk mereka. Salah satunya yaitu PT.EAGLE INDO PHARMA (Cap Lang) yang berdiri sejak tahun 1973. Cap Lang merupakan pemimpin pasar diberbagai produk kategori di kelasnya, khususnya dalam kategori rubs & balm, seperti Minyak Kayu Putih Cap Lang, Balsem Otot Geliga, Balsem Lang, Telon Lang, Minyak Angin Lang dan Minyak Gosok Pijat Urut (GPU).Yapps Pastinya kompasianers sudah tidak asing lagi kan dengan produk tersebut.

Sebagai perusahaan farmasi, Cap Lang secara progressive terus melakukan perbaikan menjadi perusahaan farmasi yang modern. Saat ini, Cap Lang dilengkapi dengan fasilitas produksi sesuai dengan persyaratan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) yang ditetapkan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan cGMP (current Good Manufacturing Practices) seperti yang disyaratkan oleh WHO (World Health Organization).

Pada tahun 2011, PT.EAGLE INDO PHARMA sebagai produsen dari minyak kayu putih cap lang mengeluarkan produk kayu putih ekaliptus aromatherapy yang mengandung minyak ekaliptus memiliki tingkat kehangatan yang tinggi dan aroma yang menenangkan. Minyak kayu putih ekaliptus aromatheraphy terdiri dari minyak ekaliptus/oleum eucalyptus 100%. Selain berfungsi sebagai aromatheraphy juga berfungsi untuk meredakan perut kembung, mual, masuk angin akibat mabuk perjalanan baik perjalanan darat, laut maupun udara dan gatal akibat gigitan serangga.

Produk inovasi yang terbilang baru, dilauncing pada tahun 2015 adalah minyak Kayu Putih Aromatheraphy dengan 3 varian aroma yaitu Rose, Lavender, dan Green Tea. Ketiga produk tersebut memiliki khasiat yang sama dengan minyak kayu putih aromateheraphy ekaliptus yang lebih dulu ada.

1. Aromatheraphy Rose

Komposisinya terdiri dari Minyak Ekaliptus/Oleum Eucalyptus 99,75% dan Fragrance Rose Oil 0,25%. Dengan tag linenya "Your Moodbaster Therapy".Aroma bunga rose yang harum cocok untuk membangkitkan mood. Biasanya digunakan setelah pulang kuliah saat badan dan pikiran capek dan tugas masih menumpuk. 

 2. Aromatheraphy Lavender

Komposisinya terdiri dari Minyak Ekaliptus/Oleum Eucalyptus 99,75% dan Fragrance Lavender Oil 0,25%. Dengan tag linenya "Calm and Relaxation Theraphy".Aroma bunga lavender yang menenangkan cocok untuk digunakan pada malam hari sebelum tidur dengan cara melakukan pijatan-pijatan kecil diseluruh bagian tubuh sehingga menjadikan tidur lebih nyenyak.

3. Aromatheraphy Green Tea

Komposisinya terdiri dari Minyak Ekaliptus/Oleum Eucalyptus 99,75% dan Fragrance Green Tea 0,25%. Dengan tag linenya "Brighten Your Mood Therapy". Aroma green tea yang menyegarkan cocok untuk digunakan pada pagi hari saat hendak memulai aktivitas, baik yang berangkat kuliah maupun kerja dan membuat tampilan menjadi lebih fresh.

Emm pada tau nggak apa bedanya minyak kayu putih yang udah ada dan minyak kayu putih ekaliptus itu?

Minyak kayu putih yang udah ada itu berasal dari tanaman dengan nama latin Malaleuca Cajuputi. Jenis minyak kayu putih ini, asli berasal dari Indonesia yaitu daerah maluku. Sedangkan minyak kayu putih ekaliptus itu berasal dari tanaman dengan nama latin Eucalyptus Globulus. Ekaliptus adalah sejenis pohon dari Australia. Ada lebih dari 700 spesies dari eukaliptus, kebanyakan asli dari Australia, dengan beberapa dapat ditemukan di Papua Nugini, dan Indonesia dan juga sampai Filipina.

Eucalyptus globulus
Eucalyptus globulus
Malaleuca Cajuputi
Malaleuca Cajuputi
Lalu bagian manakah yang nantinya dapat dibuat menjadi minyak kayu putih dan minyak kayu putih ekaliptus ?

Bagian daunlah yang digunakan dalam pembuatan minyak kayu putih dan minyak kayu putih ekaliptus. Bagian daun melalui proses penyulingan akan menghasilkan minyak atsiri yang disebut dengan minyak kayu putih, yang warnanya kekuning-kuningan sampai kehijau-hijauan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2