Mohon tunggu...
Meiva TresyaSantia
Meiva TresyaSantia Mohon Tunggu... Penulis - sr

Bekerja dan Berkarya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Pendidikan pada Anak di Masa Pandemi Covid-19

22 Oktober 2020   22:12 Diperbarui: 22 Oktober 2020   22:18 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Virus covid-19 atau biasa kita sebut Korona ini telah mengakibatkan banyak dampak yang dapat dirasakan secara signifikan oleh masyarakat. Salah satunya adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. 

PSBB ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus di masyarakat. Karena adanya PSBB kini murid sekolah belajar via daring dan para pekerja bekerja dari rumah. 

Seluruh aktivitas baik belajar, bekerja, sekolah dan lain-lain saat ini umumnya dilakukan di rumah melalui sistem dalam jaringan (daring)(Choerotunnisa,2020). Pada kondisi seperti ini, intensitas orang tua untuk bertemu anak sangatlah besar. Hal ini mengharuskan orang tua mendampingi anak dalam memenuhi kebutuhan belajarnya.

Strategi yang perlu dilakukan pada saat-saat seperti ini adalah perubahan sikap dari orang tua maupun pihak sekolah. Pihak sekolah bukan lagi hanya bertindak sebagai pemberi tugas tapi juga harus menghargai dan memberikan kesempatan kepada orang tua sebagai pendidik utama di rumah. 

Para pendidik di sekolah seharusnya mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada orang tua di rumah agar dapat menjadi pendamping yang baik bagi pendidikan anak di rumah./

Selain itu, Pendidik juga perlu untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para orang tua agar mereka dapat bersabar dan belajar untuk memahami perkembangan anak yang sesuai dengan tahapannya (Oktaria, 2013). Pendidik di sekolah seharusnya memberikan wawasan kepada orang tua mengenai pembelajaran sepertu apa yang dapat dilakukan dari rumah bersama orang tua.

Sumber :

Choerotunnisa, V. (2010). Di Tengah Pandemi Covid-19 Kreatifitas pendidik tetap dukung pembelajaran.

Oktaria, R. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nizham Journal of Islamic Studies. 1(2), 174-184.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun