Mohon tunggu...
Meita Eryanti
Meita Eryanti Mohon Tunggu... Penjual buku di IG @bukumee

Apoteker yang berusaha selalu bahagia dengan rutinitasnya dan senang bila bisa libur setiap hari sabtu. kalau ada yang ingin berbagi cerita tentang penggunaan obat, bisa kirim email ke meita.eryanti@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Privilege Itu Ada, Nggak Perlu Disangkal atau Dipergunjingkan

18 November 2019   16:46 Diperbarui: 20 November 2019   03:34 0 11 4 Mohon Tunggu...
Privilege Itu Ada, Nggak Perlu Disangkal atau Dipergunjingkan
Bab 1 buku

Sejak beberapa waktu yang lalu, beranda Twitterku penuh dengan orang-orang yang berbicara tentang privilege

Orang-orang yang 'dituduh' punya privilege berusaha menyangkal karena mereka merasa berupaya keras untuk mendapatkannya. Orang-orang lainnya, sibuk mengatakan bahwa tanpa privilege, tertuduh ini bukan apa-apa.

Setiap aku membaca tulisan orang-orang ini aku selalu berkata: tidak adakah hal lain yang bisa diperbincangkan?

Aku baru saja membaca sebuah buku berjudul Outliers yang ditulis oleh Malcolm Gladwell. Bab 1 buku ini menjelaskan bahwa orang-orang sukses, tidak pernah berangkat dari nol. 

Mereka adalah penerima berbagai keuntungan yang tersembunyi, kesempatan yang luar biasa, dan warisan budaya yang membuat mereka bisa belajar dan bekerja keras serta menghadapi dunia dalam cara yang tidak bisa dilakukan orang lain.

Bab 1 buku ini berjudul "Efek Matius". Aku tidak mau membicarakan tentang efek Matius ini karena diambil dari ayat kitab suci sebuah agama. Takutnya, pemahamanku yang hanya aku dapat dari buku ini tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. 

Jadi, aku mau membahas tentang kesuksesan seseorang yang bukan sekadar hasil kerja keras individu. Lingkungan, komunitas, dan peraturan juga memiliki pengaruh terhadap seseorang. Sehingga orang ini bisa disebut sukses sedangkan yang lainnya tidak.

Contoh yang ditampilkan dalam buku ini adalah tentang pemain hoki. Hoki di Kanada mungkin seperti sepakbola di Inggris atau bulutangkis di sini.

Ribuan anak Kanada mulai bermain hoki sejak mereka masih kecil. Setiap kelas usia disediakan liga. Dan pada setiap tingkatan para pemain akan dipilih, disaring, dan dievaluasi. Mereka yang terlihat berbakat, akan dipisahkan dan dipersiapkan untuk tingkat selanjutnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setiap kelompok pemain hoki elit di seluruh Kanada sebagian besar pemain hebarnya dilahirkan antara bulan Januari sampai Maret. 

Penjelasannya adalah batasan umur penerimaan untuk berbagai kelas usia hoki di Kanada adalah tanggal 1 Januari. Artinya, anak-anak yang lahir Januari sampai Maret ini lebih tua dari anak yang lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x