Mohon tunggu...
Meita Eryanti
Meita Eryanti Mohon Tunggu... Penjual buku di IG @bukumee

Apoteker yang berusaha selalu bahagia dengan rutinitasnya dan senang bila bisa libur setiap hari sabtu. kalau ada yang ingin berbagi cerita tentang penggunaan obat, bisa kirim email ke meita.eryanti@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Sistem Zonasi Sekolah Memengaruhi Harga Kontrakan

15 Juli 2019   21:43 Diperbarui: 16 Juli 2019   08:16 0 4 1 Mohon Tunggu...
Sistem Zonasi Sekolah Memengaruhi Harga Kontrakan
sumber gambar: siedoo.com

Beberapa hari yang lalu, ibu dari murid lesku mengutarakan ingin pindah kontrakan. Kemudian, saat aku sedang mengantarkan paket ke jasa kurir, aku melihat sebuah rumah yang dikontrakan di dekat sekolah murid les tadi. Aku segera menghubungi ibu murid lesku.

Besoknya, ketika dia mengantarkan anaknya les di rumahku, aku menanyakan apakah dia jadi pindah atau tidak.

"Nggak jadi, Mbak," kata ibu itu. "Mahal. Padahal rumahnya rumah tua. Langit-langitnya pun rendah. Kayaknya sumpek. Saya kemarin sempet keliling-keliling juga, sih Mbak. Dan pasarannya emang segitu, ternyata. Kalau mau yang lebih bagus ya lebih mahal lagi. Nanti saya mau cari-cari yang di dekat-dekat sini lagi saja."

"Wah, mahal, ya Bu?" komentarku. "Padahal kan di sana jauh dari mana-mana, lho. Ya nggak jauh banget, sih. Tapi dibanding di sini, lebih enak di sini. Deket rumah sakit sama kantor kecamatan. Mau ke stasiun jalan kaki pun sampai."

"Ih, Mbak, sana kan deket SMA itu," potong ibu itu.

"Emang kenapa kalau dekat SMA itu?" tanyaku.

"Itukan sekolah favorit, Mbak," jawab ibu itu lagi. "Semua orang pingin sekolah di sana. Sekarang kan sistemnya zonasi gitu. Jadi yang diterima sekolah ya yang tinggal paling deket dari sekolahan."

Aku menganggukkan kepala. Namun sebenarnya, aku masih punya tanya: 

Jadi sekarang, sistem zonasi juga berpengaruh sama harga kontrakan? Menarik, ya...

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3