Mohon tunggu...
Meita Eryanti
Meita Eryanti Mohon Tunggu... Penjual buku di IG @bukumee

Apoteker yang berusaha selalu bahagia dengan rutinitasnya dan senang bila bisa libur setiap hari sabtu. kalau ada yang ingin berbagi cerita tentang penggunaan obat, bisa kirim email ke meita.eryanti@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Ini Bahaya Menempelkan Bawang Putih Geprek di Pergelangan Tangan

9 Juli 2019   11:28 Diperbarui: 10 Juli 2019   15:24 0 19 6 Mohon Tunggu...
Ini Bahaya Menempelkan Bawang Putih Geprek di Pergelangan Tangan
Ilustrasi bawang putih (shutterstock)

Beberapa hari ini di lini masa FB sliweran tentang pengobatan sakit gigi dengan menempelkan bawang putih geprek di pergelangan tangan. Ada yang sudah mencoba metode ini dan katanya berhasil.

Sebentar. Di pergelangan tangan? Yakin di pergelangan tangan? Bukan di pipi atau di gusinya sekalian?

Enggak. Metode ini menyembuhkan sakit gigi dengan menempelkan bawang putih geprek di PERGELANGAN TANGAN.

Sebuah akun FB menjelaskan cara pakai bawang putih geprek itu dengan lebih terperinci. Katanya, bawang putih digeprek, ditempel ke pergelangan tangan, lalu diikat dengan lakban supaya tidak lepas. Kalau sakit gigi sebelah kiri, pasang bawang putihnya di pergelangan tangan kanan dan sebaliknya. Buat yang kulitnya sensitif, cukup 15 sampai 20 menit. Takut kulitnya melepuh.

Pertanyaan pertamaku, apa rasanya menempelkan bawang putih geprek di pergelangan tangan? Aku kalau habis mengiris bawang putih untuk memasak, kalau tidak buru-buru cuci tangan, tanganku suka panas dan terasa gatal. Ini apa rasanya menempelkan bawang putih di pergelangan tangan selama 15 menit ya?

Lima belas menit itu lama, lho. Jangan salah.

Pertanyaan kedua, kenapa untuk sakit gigi bawangnya ditempelnya di pergelangan tangan, sih? Kenapa bukan di gusinya langsung?

Gini lho, teman-teman yang budiman, nyeri gigi itu terjadi karena ada sesuatu yang terjadi pada gigimu. Jujur lho, kalian harus bersyukur sebenarnya bisa merasakan sakit gigi. Karena rasa sakit itu tanda dari tubuhmu kalau ada sesuatu yang tidak beres. Mungkin giginya berlubang, atau ada sesuatu yang menyerang gigimu. Oleh karenanya, kalau ada rasa sakit gigi, cobalah datang ke dokter gigi untuk tahu apa yang menyebabkan rasa sakit.

Jangan sampai kita fokus untuk menghilangkan rasa sakit tapi lupa dengan mencari tahu penyebab sakit. Salah-salah, ada infeksi yang meluas di rongga mulut. Penanganannya jauh lebih rumit nantinya.

Untuk bagian ini, Mindok dari Kortugi (akun Instagram yang memberi edukasi tentang gigi) sudah memberi penjelasannya. Di channel Youtubenya, Mindok juga bercerita tentang kemungkinan mengapa orang-orang ada merasa sembuh setelah menempelkan bawang putih di pergelangan lengan.

Itu semua karena adanya distracted pain, pengalihan rasa nyeri. Soalnya setelah beberapa menit pergelangan tangan ditempeli bawang putih geprek, fokus kita bukan lagi ke nyeri gigi. Namun ke pergelangan tangan yang mulai panas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2