Mohon tunggu...
Meisya Maulia
Meisya Maulia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa STEI Bina Muda Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Tips Belajar Bahasa Asing

25 Maret 2021   11:52 Diperbarui: 25 Maret 2021   16:47 110 4 0 Mohon Tunggu...

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu secara langsung maupun melalui sosial media. Bahasa memiliki ragam jenisnya dari berbagai negara mulai dari bahasa Inggris, Spanyol, Korea, Jepang, Cina, dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan membahas mengenai ‘Tips Belajar Bahasa Asing’, karena menurut pengalaman saya pribadi belajar bahasa asing itu tidak mudah saat memulainya. Oleh karena itu saya akan membagikan beberapa tips belajar bahasa asing bagi pemula, berikut beberapa tips nya.

1. Mulai dengan niat. 

Saat kita hendak belajar bahasa asing entah itu bahasa Inggris, Korea, Spanyol dan bahasa lainnya pastikan kita tanaman kan niat terlebih dahulu. Niat dan yakinkan pada diri sendiri bahwa kita ingin belajar sesuatu yang baru, mengenal sesuatu yang baru, dan memahami sesuatu yang baru. Karena dengan niat kita dapat mengerjakan sesuatu dengan ikhlas dan efektif. 

2. Membuat goal.

ketika niat sudah ada, selanjutnya adalah membuat goal atau tujuan. Tujuan kita mempelajari bahasa asing ini apa? coba dipikirkan, apakah untuk kepentingan pekerjaan, untuk menambah wawasan dan skill, cara untuk berkomunikasi dengan teman bule kita, atau untuk kesenangan saja itu tak masalah, yang terpenting adalah buatlah goal agar kita lebih semangat dalam proses belajar nya dan kita memiliki tujuan yang jelas dalam mempelajari bahasa asing ini. 

3. Mengatur jadwal belajar. 

Agar belajar bahasa asing berjalan dengan efektif kita harus mengatur jadwal belajar yang sesuai dengan aktivitas kita, sesuaikan waktu luang kita yang tepat untuk belajar bahasa asing. Misalkan kita seorang yang sangat sibuk lalu belajar bahasa asing secara autodidak  seminggu dua kali di hari weekend, maka gunakan waktu itu dengan baik dan terus lakukan secara konsisten agar belajar bahasa asing kita berjalan dengan efisien serta goal kita dapat tercapai.  

4. Mencari sumber pembelajaran

Saat kita belajar secara autodidak kita perlu mencari sumber pembelajaran dari berbagai sumber misalnya dari media sosial seperti, Channel Youtube yang bertemakan bahasa, akun Twitter yang membahasa tentang bahasa asing, Forum/Club bahasa asing, akun Instagram yang membahas bahasa asing tertentu, dan masih banyak lagi. 

5. Belajar dari film.

 Menonton film ternyata bisa kita gunakan untuk menambah kosa kata bahasa asing. Misalnya kita sedang belajar bahasa korea, kita bisa menonton drama drama korea tanpa menggunakan subtitle dan mulai fokus pada apa yang dikatakan oleh para pemain nya lalu kita bisa belajar cara pengucapan nya, tata bahasa nya, dan arti dari kata tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN