Mohon tunggu...
Meishiana Tirtana
Meishiana Tirtana Mohon Tunggu... Penulis - Writing is part of my life.

Media Relations Team

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Warna Khas Ilmu Komunikasi UPH Direalisasikan dalam Kompetisi COMVEE 2018

19 September 2018   09:42 Diperbarui: 19 September 2018   09:37 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Partisipan Kompetisi dalam Comvee 2018

Communication Avenue (Comvee) 2018 sebagai ajang tahunan mahasiswa Ilmu Komunikasi UPH mengambil tema "Ignite Your Own Color" dan menjadi tema payung untuk semua kompetisi yang menjadi bagian dari rangkaian acara. Comvee 2018 ini diadakan pada 3-8  September 2018 di UPH Lippo Village, Tangerang.

Melalui tema ini, Comvee 2018 ingin menghadirkan beragam warna dari setiap elemen yang dimiliki Ilmu Komunikasi UPH dan juga menjadi satu ajakan agar generasi muda berani mengekspresikan diri. Bentuk ekspresi ini dapat direalisasikan dengan mengikuti beragam kompetisi yang ada di Comvee 2018.

Kompetisi ini antara lain Public Relation Competition (PRIDE), Advertising Competition (ADMOSPHERE), Radio Announcing Competition (ATTRACTIVE), Photography Competition (EXPOSE), News Presenting Competition(EXPLORE), dan Basket Ball Competition untuk siswa SMA.

Di kompetisi ini tim Comvee juga melibatkan profesional, praktisi, dan akademisi sebagai juri. Beberapa juri antara lain Rudi Andanu (News Anchor of Berita Satu), Agustin Diana (Communication Science Academician), Rike Amru (Talent Manager of Berita Satu), Evan Novrando (Newscasterat Gen 98.7 FM), Akbarry Noor (Radio Announcer at Trax 101.4 FM), dan Elisabeth Krist (Program Host and Producer at Heartline FM).

Secara khusus di bidang advertising Comvee menggandenng para profesional dari perusahaan iklan ternama seperti loysia Dian (General Manager of Dentsu Aegis Network), Edo Sutedja (Digital Creative Content & Cx Consultant), dan  Sania Makki (Communication Science Academician), ketiganya menjadi juri dalam kompetisi. Sedangkan dalam bidang Public Relations, hadir  Martha Silalahi (Founder ofJingga PR and Amedia Firm), Magdalena Sitorus (Komisioner Komnas Perempuan), dan Marsefio Sevyone L. (Communication Science Academician), sebagai tim juri. Selanjutnya di bidang fotografi, Comvee juga menghadirkan senior photo journalist Peksi Cahyo (Multimedia Producer PT Kreatif Media Karya & Digital Media Photo Editor Tabloid Bola).

Yang menarik dari Comvee 2018 ini, beberapa kompetisi yang ada terbuka dapat diikuti dari kalangan siswa sekolah menengah. Salah atunya kompetisi EXPLORE yang bertujuan menguji kemampuan dalam membawakan berita, dan terbuka bagi siswa sekolah menengah dan juga mahasiswa dari beragam universitas. Bahkan yang mengejutkan pemenangnya malah justru pertama  dari siswa SMA, yaitu Nakia Bella Tahir dari SMA Negeri 4 Denpasar, juara kedua yaitu  Aris Maulana (Universitas Brawijaya Malang) dan juara 3 adalah Ni Putu Sitha Regina P. dari SMAN 4 Denpasar.

Para Juara dalam Kompetisi EXPLORE
Para Juara dalam Kompetisi EXPLORE
Berikutnya yaitu Radio Announcing Competition (ATTRACTIVE) yang dimenangkan oleh Pasundan Radio 2 (Universitas Pasundan) sebagai juara 1, UPH Radio (Universitas Pelita Harapan) sebagai juara 2, dan Radio Mercu Buana 1 (Universitas Mercu Buana) di posisi ketiga. Dalam kompetisi ini terkumpul 12 tim perwakilan tiap universitas, dimana 1 tim terdiri dari dua orang berperan menjadi penyiar interaktif.

Di kompetisi  Advertising Competition (ADMOSPHERE) yang terdiri dari 10 peserta tim, diperoleh juara pertama yaitu  tim Antiseptic Universitas Kristen Petra sebagai juara 1. Menyusul di posisi kedua dan ketiga berturut-turut adalah Universitas Padjadjaran (Vain Oyster) dan Universitas Diponegoro (Bukan Anak Iklan).

Sementara untuk  Photography Competition (EXPOSE),  sebagai penentuan kemenangan diadakan pameran karya foto dari  lima finalis di lobi Gedung B untuk dipilih oleh pengunjung sebagai juara favorit. Dari pameran ini maka karya Rakhman Adi (Universitas Muhammadiyah Malang) terpilih sebagai juara pilihan juri, dan Jason Hadi (Universitas Tarumanagara) sebagai juara favorit.

Selanjutnya untuk Public Relation Competition (PRIDE) terdiri total peserta 12 tim, yang kemudian terpilih lima finalis, yaitu Universitas Padjadjaran, Universitas Pelita Harapan, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan  Universitas Al Azhar. Setelah melalui proses penilaian dari ketiga juri, maka tim Brawijaya PRassionate (Universitas Brawijaya Malang) ke luar sebagai juara 1. Juara kedua tim Alpha (Universitas Pelita Harapan) dan juara ketiga The Breakthrough (Universitas Padjadjaran).

Terrakhir yaitu Basketball Competition. Lomba ini diperuntukkan khusus untuk siswa SMA yang sudah dimulai sejak tanggal 31 Agustus 2018. Terdapat delapan sekolah bertanding. Pada babak final, tim basket SMA Bina Bakti Bandung berhadapan dengan SMA PSKD 1 Jakarta, dan akhirnya dengan skor 64-57 untuk kemengan tim basket SMA Bina Bakti Bandung. Selain meraih juara 1, tim ini sekaligus meraih gelar Best Teamwork.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun