Mohon tunggu...
Meirizka Adelia
Meirizka Adelia Mohon Tunggu... Lainnya - Meirizka Adelia

Hello..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Covid-19 Meningkatkan Jumlah Pengangguran di Indonesia

27 November 2021   23:49 Diperbarui: 28 November 2021   00:07 116 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia sedang dilanda oleh pandemi virus covid-19 sejak Maret 2020. Menyebabkan timbulnya masalah-masalah sosial dan masalah-masalah perekonomian, salah satu masalah perokonomian adalah pengangguran di Indonesia.

Pengangguran adalah sebuah situasi atau kondisi dimana seseorang tidak memiliki pekerjaan atau orang yang sedang mencari pekerjaan. Pengangguran juga merupakan angkatan kerja yang belum melakukan kegiatan untuk menghasilkan uang.

Pengangguran telah menjadi masalah diberbagai negara manapun termasuk Indonesia. Walaupun pengangguran sudah menjadi masalah perekonomian sebelum adanya pandemi virus covid-19. Tetapi sejak munculnya kasus virus covid-19 membuat jumlah angka pengangguran di Indonesia meningkat sangat cepat. Hal ini yang menjadi masalah bagi Indonesia dikarenakan produktivitas dan pendapatan masyarakat yang akan berkurang, sehingga bisa menyebabkan kemiskinan dan berbagai macam masalah sosial lainnya.

Banyak jenis-jenis pengangguran di Indonesia salah satunya adalah pengangguran terbuka.

Pengangguran terbuka adalah kondisi dimana seseorang yang tidak mendapatkan kerja atau seseorang yang ingin bekerja tetapi belum menemukan pekerjaan. Biasanya disebabkan oleh keterbatasan jumlah lapangan kerja sehingga tidak seimbang dengan jumlah pelamar kerja atau bisa juga karena ketidakcocokan antara ketersediaan lowongan kerja dengan latar belakang pendidikan. Pengangguran terbuka ini sering ditemukan pada masyarakat Indonesia.

Tetapi pada tahun 2021 ini jumlah pengangguran mulai turun daripada tahun 2020 dikarekan kasus positif yang terjadi di Indonesia berkurang dan banyaknya jumlah masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi, sehingga bisa melakukan kegiatan seperti sediakala walaupun tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2021 mencapai 9,1 juta orang, turun 670.000 orang dibandingkan Agustus 2020 kemarin.

Kepala BPS mengatakan, jika dibandingkan dengan Agustus 2020 yang jumlahnya mencapai 7,07%, pengangguran berhasil turun 0,58%, sehingga jumlah pengangguran pada Agustus tahun 2021 adalah berjumlah 6,49%.

Penurunan angka pengangguran diharapkan juga bisa mendorong penurunan jumlah angka kemiskinan di Indonesia yang sekarang berjumlah 10,1% menjadi dibawah 9%.

Tingkat pengangguran terbuka adalah indikasi yang digunakan untuk mengukur persentase jumlah pengangguran atau pencari kerja terhadap jumlah angkatan kerja.


Meirizka Adelia
Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan