Mohon tunggu...
Meike Imelda Wachyu
Meike Imelda Wachyu Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

30 November 2022   08:00 Diperbarui: 30 November 2022   08:05 2771
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

Pada modul 1.3 Calon Guru Penggerak dapat merumuskan visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi dalam menumbuh kembangkan Profil Pelajar Pancasila pada murid-murid. Mengupayakan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif. Guru Menuntun/ Among segala kekuatan kodrat yang ada pada anak sesuai alam dan zamannya agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan (KHD)

Inkuiri Apresiatif adalah suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun masa depan (Cooperrider & Whitney, 2005). Tahapan BAGJA di implementasikan dalam pendekatan konsep Inkuiri Apresiatif.

Pada refleksi di modul ini saya akan menggunakan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal):

1. Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?

Selama mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas, ada banyak hal dan pengalaman positif dan baik yang saya alami dalam proses tersebut. Diantaranya kebiasaan positif siswa mengunjungi perpustakaan, kebiasaan siswa membaca sepuluh menit sebelum belajar. Membuat mini library atau pojok baca kelas dan membuat madding kelas serta review buku dengan menggunakan aplikasi canva. Hambatan atau kesulitan juga saya rasakan ketika menerapkan aksi ini. Yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut yakni berkolaborasi dengan komunitas guru pegiat literasi dan komunitas literasi sekolah untuk mengatasinya.

2. Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.

Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung yakni aksi ini menantang saya untuk dilakukan. Saya merasakan senang dan Bahagia ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas karena siswa memiliki pengalaman baru dan manfaat dalam aksi ini.

3. Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?

Pelajaran yang saya dapatkan dari proses ini yakni bahwa untuk melakukan suatu perubahan positif harus ada niat baik agar tercapai apa yang menjadi visi dan harapan. Hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini, saya dapat menghadapi tantangan. Perjalanan meraih harapan dan visi bukanlah hal yang mudah kalau tidakdisertai sikap optimis dan konsisten saat mengerjakan sesuatu. Apalagi jika hanya mengeluh, dapat dipastikan kesuksesan akan menjauh dari kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun