Mohon tunggu...
Mei Devi Riskianda
Mei Devi Riskianda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Cool Woman

STP Trisakti Scholarship Recipient 2019, really enjoy watching any kind of movies, listening any kind of music and eating any kind of food, also a big fan of Miami Heat.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Nusa Penida, Pulau Favorit Semua Orang

25 Januari 2022   17:03 Diperbarui: 25 Januari 2022   17:06 111 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Siapa yang tidak tahu Bali? Pulau di Indonesia yang mendunia sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Pulau yang kaya akan budaya dan fenomena alamnya ini menjadi destinasi favorit wisatawan seluruh dunia.

Apapun tersedia di Bali, apapun tujuan berkunjung, Bali tempatnya. Di Bali wisatawan dapat melakukan wisata religi, budaya, alam, dsb. Terdapat banyak sekali tempat wisata Alam di Bali yang indah dan tidak ada duanya. Salah satu kekayaan alam milik Bali yang menjadi favorit wisatawan adalah Pulau Nusa Penida.

Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Perairan di pulau Nusa Penida ini sangat terkenal dengan kawasan untuk menyelam. Pemandangan air laut yang dapat dilihat dari atas tebing juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang.

Pulau ini memiliki populasi sekitar 45.000 jiwa dan memiliki luas sebesar 200km2. Pada tahun 2010, area seluas 20.057 hektar di sekitar Nusa Penida dan pulau-pulau tetangganya (Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan) dinyatakan sebagai Zona Maritim yang dilindungi. Dasar lautnya juga menjadi rumah bagi 296 spesies karan dan 576 spesies ikan karang.

Keunikan lain dari Nusa Penida adalah keindahan alamnya yang masih asri dan alami. Ketika bagian selatan Bali sudah dirombak menjadi area yang ramah turis dengan merubah lanskap alamnya, Nusa Penida adalah salah satu bagian dari Bali yang masih bertahan dengan kondisi alam yang terjaga. Pulau kecil ini merupakan destinasi wisata untuk liburan yang tepat bagi wisatawan yang hendak datang untuk melihat pantai atau laut yang masih alami di Bali.

Di pesisir pantainya terdapat tebing setinggi 150m yang jatuh langsung ke laut. Karena keaslian alamnya yang terjaga, pantai utara pulau ini didedikasikan untuk budidaya rumput laut.

Dikarenakan pulau ini tidak terlalu besar, satu-satunya cara untuk mencapai pulau ini adalah dengan menggunakan fast boat dari Bali.

Cara paling umum adalah dengan menaiki fast boat dari Sanur, karena di area ini banyak terdapat pilihan fast boat dari perusahaan atau usaha perorangan yang bervariasi. Jadwal perjalanan dari Pantai Sanur ke Nusa Penida berbeda-beda untuk tiap perusahaan kapal, tetapi umumnya ada kapal yang berangkat pada pagi, siang, dan sore. Begitu pun dengan jadwal perjalanan dari Nusa Penida ke Sanur -- kamu bisa menemukan kapal yang berangkat pagi, siang, dan sore hari.

SWOT

Strength :

-Terumbu karang yang beragam dan terjaga, lingkungan terjaga
-Kekayaan ratusan jenis ikan
-Produksi produk rumput laut asli
-Pemandangan yang alami dan indah (menarik banyak wisatawan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan