Mohon tunggu...
Meida Martha
Meida Martha Mohon Tunggu... Meida martha hella ria

Orang yang sukses adalah orang yang bertahan dalam proses

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Membangun Attachment Anak Usia Dini dengan Orang Tua

24 Februari 2020   07:12 Diperbarui: 24 Februari 2020   07:10 9 0 0 Mohon Tunggu...

Istilah kelekatan (attachment) untuk pertama kalinya dikemukakan oleh seorang psikolog dari inggris pada tahun 1958 bernama John Bowlby, kemudian dilengkapi oleeh Mary Ainsworth pada tahun 1969 (Elisa, 2011). Kelekatan merupakan suatu ikatan emosional yang kuat yang dikembangkan anak melalui interaksinya dengan orang yang mempunyai arti khusus dalam kehidupannya, biasanya orang tua (Mc Cartney dan Dearing, 2002 dalam Elisa,2011). 

Membangun attachment itu sangat penting untuk anak usia dini, karena pada saat ia masih kecil ia sangat butuh kasih sayang dari orang tua dan kita sebagai orangtua kelak harus bisa membuat anak kita merasa aman dan dilindungi, bayangkan bagaimana jika antara orang tua dan anak tidak ada kelekatan maka itu akan berpengaruh pada besarnya nanti, Mungkin ia akan merasa tidak ada yang menyayangi, ia lebih memberontak pada saat tumbuh besar, dan lebih acuh terhadap siapapun.   

Jadi pr kita sebagai orangtua harus bisa membuat anak kita merasa senyaman mungkin dengan kita dan harus lebih dekat. Dan ingat orangtua bisa dikatakan berhasil jika anak bisa bercerita tentang apa yang ia alami entah itu sedih ataupun bahagia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x