Mohon tunggu...
Mega Rahmatika
Mega Rahmatika Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

full time muggle

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Pengabdian Masyarakat Pelatihan Pembuatan Konten Media di Kampung Karah Surabaya

7 Desember 2021   22:57 Diperbarui: 12 Desember 2021   22:56 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kampung Karah Kota Surabaya, kegiatan KKN berupa pelatihan mengenai desain konten dengan tujuan mengedukasi masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. 

Mega Rahmatika, selaku pelaksana kegiatan ini beranggapan, bahwa kemampuan desain grafis atau konten visual cukup penting dan dibutuhkan pada masa kini. Pelatihan ini tujuannya adalah mengasah kemampuan peserta pelatihan tentang dasar-dasar desain dan cara mengimplementasikan desain  dengan tujuan menyampaikan informasi agar lebih menarik dan mudah dimengerti oleh berbagagai pihak. Namun selain itu, pelatihan ini juga bertujuan mengajak peserta pelatihan dapat mencari informasi yang anti hoax dan terpercaya, juga mengajarkan peserta cara memanfaatkan adanya sosial media sebagai alat untuk menyebarkan berita-berita positif.

Menurut Mega, dalam kenyataannya, kemampuan desain ini bisa diasah oleh siapapun, dan para pemuda karang taruna yang menjadi fokus utama dalam pelatihan ini sangat cocok untuk diberi pelatihan. Pelatihan ini nantinya berguna juga untuk mereka dikemudian hari karena desain adalah salah satu pekerjaan yang dibutuhkan di masa kini. Dan juga kegiatan ini diharapkan bisa mengisi kekosongan waktu selama pandemi.

Kegiatan diselenggarakan selama satu setengah bulan yakni pada 30 Oktober sampai dengan 5 Desember 2021, kegiatan dilakukan pada hari sabtu dan minggu. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa anggota karang taruna yang memiliki minat besar terhadap topik pelatihan dengan usia 15-18 tahun.

Kegiatan KKN ini dimulai dengan meminta ijin dan koordinasi dengan Bapak/Ibu RT setempat. Beliau membantu dalam mengumpulkan calon peserta yang sesuai dengan kriteria, beliau juga mengizinkan penggunaan salah satu rumah warga untuk dijadikan tempat belajar. Selain itu, Mega juga bertemu dengan anak-anak di kampung tersebut dan anak-anak tersebut dengan senang membantu mengajak kakak-kakak mereka untuk mengikuti pelatihan.

Setelah peserta terkumpul, maka yang dilakukan pertama kali adalah melakukan rapat koordinasi. Seperti membuat kesepakatan tentang waktu dan lokasi pelatihan.Setelah ditentukan, beberapa persiapan ditentukan, seperti gadget yang akan digunakan (dalam pelatihan ini menggunakan (ponsel pintar) dan untuk peserta yang tidak memiliki fasilitas maka dipinjami 1 perangkat ponsel pintar dan ipad.

Pelatihan pertama dimulai dengan menjari bagaimana cara mendapatkan sumber berita yang baik, disini yang diajarkan adalah dengan langsung mencari di situs-situs resmi, bukan dari artikel blog pribadi, adapun jika mengambil sumber blog pribadi maka wajib harus memiliki sumber blog lainnya sebagai pembanding isi berita. Lalu berita yang didapat dikumpulkan dan dirangkum.

Setelah itu, masuk ke pelatihan utama, yaitu bagaimana membuat konten gambar dan video dengan menggunakan aplikasi Canva. Antusias mereka cukup besar, banyak yang langsung bersemangat apalagi peserta laki-laki bernama Dika. Ia mengaku cukup tertarik dalam bidang desain grafis tapi tidak tahu caranya. Selama pelatihan, diajarkan bagaimana cara memilih kombinasi warna yang cocok, memilih icon-icon yang bagus, dan tata letak teks. 

Pada saat praktek, mereka mulai sibuk dengan gadgetnya masing-masing, walaupun 1 (satu) desain bisa memakan banyak waktu, tapi mereka tidak segan untuk mencoba terus dan bertanya apakah kombinasi warna mereka sudah cukup baik atau kurang. Suasana pelatihan pun juga menyenangkan, mereka saling bertukar ide tentang konten apa saja yang harus dibuat. Konten-konten yang sudah mereka buat akan diposting di akun sosial media Tim Karang Taruna Kampung Karah.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan