Mohon tunggu...
Mega Yohana
Mega Yohana Mohon Tunggu... Penulis - Seorang pemimpi, perencana, dan masih berusaha mewujudkan.

Penjaga Kastil Mimpi. Terkadang menulis, terkadang menyunting, tetapi lebih sering procra.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perjuangan Log In Akun Kompasiana

27 Juli 2019   15:06 Diperbarui: 27 Juli 2019   17:38 1149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bismillah...

Ini tulisan pertama saya di Kompasiana. Saya baru membuat akun tadi malam, sebab tertarik dengan seorang teman di suatu grup WA yang merupakan penulis aktif di Kompasiana. Saya ingin seperti beliau yang bisa tetap produktif menulis meski sibuk dalam keseharian. Saya pikir, mungkin saya bisa mencoba. Meski mungkin belum bisa rutin, setidaknya saya memulai terlebih dahulu.

Saat membuat akun, proses lancar-lancar saja. Saya juga sudah melakukan verifikasi. Namun, pagi tadi saat mencoba log in, barulah muncul masalah. Yep, seperti judul tulisan ini, masalahnya terkait log in akun Kompasiana.

Tampaknya, saya bukan orang pertama yang mengalami kesulitan saat log in. Bahkan, dari hasil browsing (iya, saya sampai browsing berbagai tutorial log in Kompasiana, lho!) ada artikel bertahun 2017 yang membicarakan masalah sama: sudah berhasil log in di Kompas, tetapi tetap tak bisa masuk akun Kompasiana. Dari berbagai artikel mengenai "Cara log in Akun Kompasiana" yang saya baca, saya menemukan beberapa cara.

1. Melakukan log out dan log in beberapa kali

2. Menghapus history dan chace serta me-refresh browser

3. Mencoba log in via FB

4. Meminta reset password

5. Mengakses melalui browser berbeda

Kelima cara di atas sudah saya terapkan, berkali-kali malah. Namun, tetap saja saya tidak bisa masuk ke akun Kompasiana saya. Padahal, jelas-jelas akun tersebut sudah terverifikasi. Gimana saya enggak frustrasi, coba?

Akhirnya saya tanya ke teman yang saya ceritakan di atas. Beliau menyarankan hal yang sama dengan 5 usaha yang sudah saya lakukan (dan belum berhasil) tersebut. Kecuali permintaan reset password. Menurut beliau, itu justru riskan, berpotensi bikin makin error. Kemudian, melihat cara-cara tersebut belum berhasil juga, beliau menyarankan untuk mengirim email ke Kompasiana dan menceritakan permasalahan yang ada. Saya terima saran beliau dan mengirimkan email ke Kompasiana. Setelah email terkirim, saya coba tengok-tengok pusat bantuan yang ada di situs. Di sini, saya menemukan bahwa ternyata kita bisa meminta bantuan dengan mengirimkan pesan via WhatsApp untuk fast response. Tentu saja saya tidak menyia-nyiakan hal ini. Saya pun mengirim pesan ke WA Kompasiana yang isinya sama dengan email saya. Setelahnya, saya menunggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun