Mohon tunggu...
Megawati Sorek
Megawati Sorek Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN 003 Sorek Satu Pangkalan Kuras Pelalawan Riau

Seorang guru yang ingin menjadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Oh, Harga Ayam Potong

25 Mei 2023   17:56 Diperbarui: 25 Mei 2023   17:58 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Koleksi Desain Megawati Sorek 

Mak Belanja dan Kaget dengan Harga Ayam.

Olahan ayam sangat lezat, apapun makanannya jika dikombinasikan dengan ayam maka akan sangat lezat dan enak. Lauk ayam sangat banyak peminatnya . Ayam bisa di masak dengan cara digoreng, digulai, dipanggang, direndang, opor,  disemur, dipepes, direbus, diasam pedas pun bisa,  dan lain sebagainya tergantung variasi dan selera.  Orang yang jualan kuliner pasti tahu nih ya, hehehe.

Daging ayam sumber protein yang tinggi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain dagingnya, bulu ayam dan sampai kotorannya pun dimanfaatkan oleh manusia. Bulu ayam untuk kerajinan tangan dan kemoceng, sedangkan kotorannya untuk pupuk kandang.

Saat ini harga ayam di pasar lagi naik, saat mak tanyakan sama pedagangnya. Katanya kesediaan stok lagi tipis, banyak yang gagal panen juga. Penyebabnya bisa jadi banyak ayam yang sakit, cuaca dan juga bisa jadi karena pakannya kali jawabnya  sembari memperbaiki posisi ayam di mejanya.

Sesampainya di rumah, mak susun semua belanjaan ke tempatnya, mana yang masuk kulkas dan tidak. Akibat kepo yang segera harus dipenuhi. Si Mak ni bukannya langsung memaska, eh, malah mencari info tentang mengapa ya harga ayam mengalami kenaikan yang signifikan. Mulai rebaha, he, tahu aja, searching.

Oh, ternyata ini penyebabnya ya, nah ini pakai bahasa tulis si Mak la ya, kalau langsung copas itu plagiasi dong ntar, tetapi maklumin ya, bahasanya si Mak, kadang meng-parafrasenya masih butuh latihan lagi dan dihaluskan gitu toh.

Ternyata ada beberapa faktornya pemirsa eh pembaca maksudnya. Apa itu, ini nih kita ulas ala si Mak, cekidot!

Permintaan akan kebutuhan akan ayam potong ini terus meningkat. Eh, ya iyalah, semua rumah makan dan restoran, caf atau apalah namanya pastinya nyediain menu berbahan ayam dong, ini nih ayam jadi ngelunjak kan, lah sudah jadi barang pokok sih. Belum lagi penyukanya yang sangat banyak, Dari anak kecil sampai orang tua suka makan ayam pokoknya.

Harga pakannya juga mempengaruhi, nah ini benar nih kata si penjual tadi. Biaya operasional la ya, mungkin bahasa lebih umumnya, selain mungkin yang lainnya misalnya gaji si karyawannya pada minta naik,  biaya peralatan, atau servisnya  bahkan harga tranportasi pendistribusiannya pun berpengaruh besar. Wah, ternyata banyak ya penyebabnya.

Stok ayam yang tersedia, banyak sakit dan gagal panen otomatis stok terbatas ini membuat harga bisa dinaikkan. Barang langka sih, ah, tahulah kalau susah dicari hukumnya akan naik ntu barangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun