Mohon tunggu...
Mega AD Retnani
Mega AD Retnani Mohon Tunggu... Lainnya - Instructional Designer

Menemukan ketertarikan dan passion dengan Teknologi Pendidikan karena di sini saya mempelajari bagaimana cara memfasilitasi belajar. Teknologi Pendidikan juga memberikan banyak ilmu tentang bagaimana cara kita dapat meningkatkan kinerja seseorang. Oleh karena itu, Saya mengambil peminatan Teknologi Kinerja Manusia (Human Performance Technology), disini Saya belajar tentang bagaimana mengembangkan Training Needs Analysis, mendesain sebuah pelatihan, mengembangkan modulnya, hingga mengembangkan evaluasinya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ciptakan Pembelajaran Berkesan dengan 9 Event Pembelajaran

22 November 2022   17:19 Diperbarui: 22 November 2022   17:23 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.eduprisma.com

Belajar merupakan sebuah perubahan yang terjadi dalam diri manusia, tidak hanya sekedar dari tidak tahu menjadi tahu namun juga menciptakan perubahan perilaku. Sebagai seorang pendidik, kita harus bisa membantu peserta didik agar dapat mengalami peristiwa belajar itu.

Robert M Gagne merupakan seorang psikolog pendidikan yang mempercayai bahwa proses belajar yang terjadi dalam setiap orang itu berbeda. Beliau menciptakan strategi yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran (baik daring atau luring) agar tercipta proses belajar yang lebih berkualitas. 

Dikenal dengan Events of Instruction, ini merupakan strategi yang sistematis dengan pendekatan behavior dan berfokus pada hasil. Dengan menerapkan 9 events of instruction ini, peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Gain Attention

Ambil perhatian peserta didik dengan memberikan pantun jenaka, cerita yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.

Inform Learner of Objectives

Berikan penjelasan mengenai tujuan yang akan dicapai, dan pastikan peserta paham MENGAPA mereka harus mempelajari materi tersebut dan ikut aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.

Present Stimulus Material

Gunakan strategi agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dengan menyusun konten yang mudah dipahami dan sesuai dengan tujuan.

Provide Learner Guidance 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun