Mohon tunggu...
Mee Ferayunita
Mee Ferayunita Mohon Tunggu... Menyanyi adalah hobiku

Jika kamu bekerja keras, kamu akan dapat makan makanan lezat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Panti Asuhan yang Butuh Uluran Tangan

3 Desember 2019   22:22 Diperbarui: 3 Desember 2019   22:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
Panti Asuhan yang Butuh Uluran Tangan
Foto Mahasiswa Unika Soegijapranata bersama anak-anak Panti Asuhan Al Harun

Semarang - Panti Asuhan merupakan Panti Sosial Asuhan Anak juga Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ialah lembaga sosial nirlaba yang menampung, mendidik dan memelihara anak-anak yatim, yatim piatu dan anak telantar. Maka, sudah selayaknya Panti Asuhan memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang memadai bagi anak-anak asuhannya.

Kami, mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata, mengadakan Service Learning dengan tema Perlindungan Anak. Kami melakukan survei lapangan ke Panti Asuhan Al Harun di Kabupaten Ungaran, tepatnya di Kecamatan Ungaran Barat. Panti Asuhan Al Harun adalah Panti Asuhan yang menampung anak-anak yang terlantar, anak yatim, dan anak yatim piatu. Anak yang tinggal di Panti Asuhan Al Harun ada 30 anak.  Panti Asuhan Al Harun merupakan Panti Asuhan yang fasilitas atau sarana dan prasarananya kurang memadai bagi kebutuhan anak-anak asuhnya. Maka dari itu, kami mengajukan permohonan kepada Dinas Sosial Kabupaten Semarang untuk memberikan bantuan berupa materi untuk Panti Asuhan tersebut. Panti Asuhan Al Harun di Ungaran yang membutuhkan bantuan secara materi untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anak panti asuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut keterangan dari anak-anak Panti yang kami wawancarai, mereka mengungkapkan berbagai keluhan diantaranya tentang fasilitas-fasilitas di Panti yang kurang layak dan kebutuhan sehari-hari yang masih kekurangan. Panti Asuhan Al Harun mempunyai sekolah yang baru-baru ini didirikan, tetapi tenaga pendidik di sekolah tersebut adalah anak asuh yang sudah dewasa, bukan tenaga pendidik yang sesungguhnya yaitu orang yang berprofesi guru.

Kondisi Panti Asuhan Al Harun
Kondisi Panti Asuhan Al Harun
Kegiatan ini kami lakukan untuk berbagi kasih dan melayani saudara-saudara sekitar kami, khususnya anak-anak Panti Asuhan Al Harun yang membutuhkan uluran tangan. Kami ingin membantu mereka, baik melalui bantuan kasih maupun bantuan materi. Diharapkan kegiatan ini dapat memberitahukan kepada Pemerintah bahwa ternyata masih ada Panti Asuhan yang membutuhkan bantuan materi, sekaligus sebagai sarana alokasi bantuan bagi sesama yang membutuhkan.

Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan dapat memperbaiki taraf hidup dan meningkatkan kesejahteraan bagi saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita semua. 

Peran aktif kami sebagai mahasiswa tentunya tidak terlepas dari dukungan pihak universitas sebagai tempat pencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, memiliki keterampilan, dan selalu menjaga persatuan bangsa melalui rasa kepedulian terhadap sesama. Oleh karena itu, dukungan dari berbagai pihak akan bermanfaat bagi terselenggaranya kegiatan ini agar tujuan sosial kemanusiaan kemasyarakatan dan perlindungan anak dapat terwujud.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x