Mohon tunggu...
Mee Ferayunita
Mee Ferayunita Mohon Tunggu... Menyanyi adalah hobiku

Jika kamu bekerja keras, kamu akan dapat makan makanan lezat

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Jembatan Penyeberangan Sangat Penting bagi Pejalan Kaki

10 Desember 2018   12:06 Diperbarui: 10 Desember 2018   12:38 403 0 0 Mohon Tunggu...

Semarang - Jembatan penyeberangan merupakan sarana yang digunakan banyak orang untuk menyeberang jalan. Terutama oleh warga/para siswa yang rumah/sekolahnya berada di seberang jalan, sehingga jika mereka ingin menyeberang jalan, maka mereka akan menggunakan jembatan penyeberangan atau zebra cross. 

Salah satu sarana yang paling aman adalah menggunakan jembatan penyeberangan. Dibalik itu semua, jembatan penyebrangan yang digunakan sebaiknya jembatan yang masih layak dan aman untuk dilalui. Karena dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir akan resiko berbahaya dari  jembatan tersebut.

Maka dari itu disini kami dari mahasiswa Universitas Katolik Soegidjapranata, mengadakan Service Learning mengenai jembatan di depan SMP N 2 Semarang. Mengapa kami memilih jembatan tersebut? Karena memang kami melihat jembatan tersebut sudah kurang layak untuk digunakan. Kami juga melihat jika siswa/i SMP N 2 Semarang kebanyakan menggunakan jembatan penyeberangan untuk sampai ke sekolah mereka. 

Kami mengetahui itu karena kami telah melakukan wawancara dengan beberapa siswa/i yang ada disana. Mereka mengatakan menggunakan jembatan penyeberangan merupakan cara yang sangat aman untuk menghindari kendaraan bermotor.

Tapi, mereka banyak mengeluh karena jembatan penyebrangan yang ada di depan sekolah mereka sudah kurang layak untuk digunakan, disaat kami mencoba untuk menaikinya, banyak anak tangga yang goyang serta banyak kayu yang berlubang dan rapuh.

Menurut banyak siswa yang kami wawancarai, seharusnya jembatan tersebut segera diperbaiki dan diganti menjadi jembatan yang lebih aman, contohnya jembatan yang terbuat dari beton sehingga lebih kuat daripada kayu yang gampang keropos.

 Harapan kami, agar Pemerintah Kota Semarang segera mengambil tindakan atas masalah ini. Karena apabila jembatan tersebut dibiarkan begitu saja, maka bisa jadi hal yang tidak kita inginkan akan terjadi, misalnya ada siswa/warga yang berjalan diatas jembatan penyebrangan tersebut, tiba-tiba salah satu papan jembatan tersebut jatuh. 

Hal itu bisa membahayakan nyawa seseorang. Jadi untuk menghindari hal tersebut, lebih baik jembatan tersebut segera dibongkar dan diganti menjadi jembatan berbahan beton. Sehingga siswa/i SMP N 2 Semarang beserta masyarakat yang menggunakan jembatan penyebrangan tersebut bisa lebih santai dan tak perlu takut lagi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x