Mohon tunggu...
Medio Network
Medio Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Jurus Anti Grogi agar Meeting Percaya Diri

5 Oktober 2022   09:00 Diperbarui: 5 Oktober 2022   11:54 93 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Terkadang, kita bisa grogi saat meeting.(Freepik/tirachardz)

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama 

MEETING atau rapat merupakan sesuatu yang lumrah ditemui saat memasuki dunia kerja. Saat rapat, kita umumnya akan bertemu rekan kerja, atasan, atau klien perusahaan yang bergantung tujuannya. 

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa meeting merupakan suatu hal yang esensial bagi perusahaan. Tak heran jika kita lantas dituntut untuk tampil sempurna di hadapan orang-orang agar dapat memberikan sebuah kesan baik. 

Namun, faktanya, tidak semua orang mampu tampil sempurna saat rapat. Salah satu faktor yang umum terjadi adalah karena perasaan grogi atau cemas. Lantas, kalau sudah demikian, apa yang harus dilakukan? 

Vivid F. Anggraini, seorang konselor pendidikan dan motivator pemuda, punya jawaban atas pertanyaan tadi. Ia lantas membagikannya dalam siniar (podcast) Smart Inspiration edisi Smart Career episode “Jurus Anti Grogi dalam Meeting” di Spotify.

Bagi orang yang mengalami grogi atau cemas, rapat di tempat kerja dapat menjadi tantangan. Hal ini bisa terlihat dari perasaan takut untuk berbicara, tidak percaya diri untuk bertanya, hingga khawatir tidak mendengarkan penjelasan dengan baik. 

Rapat yang dilakukan secara daring ternyata juga dapat menimbulkan grogi. Terlebih rapat yang dilakukan dalam waktu yang lama bisa sangat menguras tenaga. Para peneliti lalu menyebut hal ini sebagai “Zoom Fatigue”.

Jika tidak segera diatasi, rasa grogi ini dapat memengaruhi kinerja kita. Dirangkum dari Indeed, berikut adalah strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi grogi dalam rapat. 

Persiapkan Dirimu 

Kita mungkin akan merasa lebih baik jika menghadiri rapat dengan rasa siap. Kesiapan ini bisa dimulai dari mengenakan pakaian yang rapi dan nyaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan