Mohon tunggu...
Medio Network
Medio Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Mana Lebih Penting, Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

15 September 2022   10:15 Diperbarui: 15 September 2022   10:29 169 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

ASURANSI saat ini dinilai sangat penting sebagai kesadaran stabilitas finansial. Asuransi dapat membantu kita di situasi penting yang datang tanpa diduga. Perubahan zaman yang tak terbaca dengan meningkatnya risiko-risiko baru tentu bisa mengancam keuangan kita. 

Salah satu risiko yang perlu diperhatikan adalah risiko kesehatan. Pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan makan yang tidak teratur, hingga penyakit turunan dapat menjadi bahaya yang mengancam kita setiap saat. Belum lagi risiko lain, seperti kecelakaan, yang meningkatkan risiko kematian. 

Pentingnya memiliki asuransi telah banyak dibahas oleh para pakar keuangan dunia. Salah satunya oleh Dion Rafael, Certified Financial Planner, dalam siniar Cuan episode "Kapan Perlu Mikirin Asuransi Kesehatan dan Jiwa?".

Dion mengatakan sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan memiliki kedua asuransi ini sedini mungkin untuk menghindari risiko keuangan. Tentunya, ini sangat berguna jika kondisi kesehatan kita terganggu. 

Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa 

Saat ini, berbagai jenis asuransi ditawarkan oleh perusahaan. Produk asuransi yang paling banyak diminati adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

Asuransi kesehatan adalah kontrak yang mengharuskan perusahaan asuransi membayar sebagian atau seluruh biaya perawatan kesehatan seseorang dengan imbalan premi. 

Asuransi kesehatan biasanya mencakup pembayaran biaya medis, bedah, obat dengan resep, dan terkadang biaya perawatan gigi. Tak hanya itu, asuransi ini juga bisa menutupi biaya rawat inap. 

Sementara itu, asuransi jiwa adalah kontrak asuransi berjangka yang uang pertanggungannya dibayarkan pada tertanggung meninggal dalam masa perlindungan yang masih berlaku. Produk asuransi jiwa berjangka ini cocok bagi kalian yang berkeluarga dan memiliki pekerjaan dengan risiko besar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan