Mohon tunggu...
Meha Middlyne
Meha Middlyne Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Gadjah Mada

Berkepribadian dalam Kebudayaan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Telaga Kumpe Spot Wisata Tersembunyi di Banyumas

22 Agustus 2020   13:11 Diperbarui: 22 Agustus 2020   13:12 165 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Telaga Kumpe Spot Wisata Tersembunyi di Banyumas
Wisata Alam Daerah yang Eksotis

Suasana teduh nan elok terpancar dari relief yang terbentuk di Telaga Kumpe. Telaga dengan air yang jernih dikelilingi perbukitan serta lingkungan yang masih sangat asri, cocok untuk dijadikan lokasi tujuan di akhir pekan. 

Dalam artikel  yang dimuat oleh Brisik.id, "Kumpe" merupakan sebuah singkatan yang berasal dari Bahasa Jawa yaitu "dikum lan dipe" yang berarti direndam dan dijemur, singkatan itu kemudian digunakan untuk menamai tanaman tersebut. Hingga akhirnya masyarakat sekitar menamakan tempat ini sebagai Telaga Kumpe atau telaga dengan tanaman kumpe. 

Menurut warga sekitar, tanaman kumpe tidak ditemukan di telaga manapun. Tanaman ini hanya ada di dua telaga yaitu, Telaga Kumpe dan Telaga Ranjeng yang terletak di daerah Kaligua, Brebes. Bahkan warga percaya bahwa tanaman kumpe yang terletak di Telaga Kumpe memiliki jenis kelamin perempuan, sedangkan tanaman kumpe di Telaga Ranjeng berjenis kelamin laki-laki.

Telaga Kumpe berlokasi di Grumbul Pesawahan, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Telaga ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40-50 menit dari Kota Purwokerto (jarak 20-22 km). Oleh karena lokasinya ditengah-tengah pedesaan, tidak heran apabila wisatawan disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami.

Piknik Sekaligus Nge-Camp Bisa Banget!

dokpri
dokpri
Tempat ini juga bisa kalian jadiin lokasi untuk ngecamp seru bareng teman-teman, berhubung telaganya buka 24 jam. Kalian bisa dirikan camp di tepi telaga karena lahan rumputnya juga cukup untuk mendirikan tenda.
Suhu di Telaga Kumpe sendiri sudah hampir menyerupai suhu di kaki gunung, sehingga kalian harus mempersiapkan baju hangat. Tapi perlu diingat karena lokasi Telaga Kumpe tidak jauh dari pemukiman penduduk desa, perlu dipastikan pada saat ngecamp menjaga perilaku dan volume suara. Ngecamp semakin afdol disertai dengan snack-snack ringan dan minuman hangat yang dimasak sendiri atau boleh singgah di warung yang ada di areal Telaga. Sampah dan bekas-bekas makanannya jangan lupa dibuang ketempatnya, ya!

Mendayung Perahu Keliling Telaga

dokpri
dokpri
Nah, kita juga bisa sewa perahu untuk keliling-keliling Telaga. Tarif sewanya sekitar 10 ribu rupiah untuk 20 menit (biasanya dikasih bonus waktu) kalau memang sedang tidak antrian. 

Sewa perahu ini bisa kalian request untuk dayung sendiri atau didayung oleh bapaknya. Wajib banget nyobain dayung perahu sambil menikmati gelombang air yang tenang, hitung-hitung belajar menstabilkan dan mendorong perahu. Demikian juga dengan hasil foto sambil berada di atas perahu akan menjadi gaya foto yang menarik buat kamu. 

Jembatan Kayu Telaga Kumpe

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x