Mohon tunggu...
M Dafa Rabbani
M Dafa Rabbani Mohon Tunggu... Mahasiswa PBA UIN Malang

ngopi, menulis, diskusi, traveling

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mari Mengenal Apa Itu Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

8 September 2019   15:39 Diperbarui: 8 September 2019   15:39 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mari Mengenal Apa Itu Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
Sumber: canstockphoto.com

Kebanyakan siswa di beberapa sekolah belum mengetahui apa itu bimbingan dan konseling yang biasa mereka singkat dengan BK. Mereka mengenal guru BK sebagai guru yang bersifat garang, galak, kejam, dan jahat. Padahal dibalik prasangka itu guru BK memiliki peran dan tujuan yang jauh lebih baik dari itu. Sebelum jauh membahas tentang bimbingan dan konseling, mari kira pahami terlebih dahulu tentang apa itu bimbingan dan konseling.

            Pengertian bimbingan secara etimologi. Bimbingan adalah terjemahan dari kata bahasa Inggris, yakni I"guidance" dari akar kata "guide" yang berarti memandu, mengarahkan, dan mengelola. Sesuai dengan istilahnya, maka secara umum bimbingan bias diartikan sebagai suatu bantuan dan tuntunan.

            Sedangkan makna bimbingan secara terminologi oleh beberapa tokoh yaitu :

  • Menurut I Jumhur dan Moh. Surya

Bimbingan adalah suatu proses pmberian bantuan yang terus-menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah hidupnya, agar tercapai kemampuan untuk dapat memahami dirinya, kemampuan untuk mengarahkan dirinya, dan kemampuan untuk merealisasikan dirinya, sesuai dengan dirinya atau kemampuan dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik keluarga, sekolah maupun masyarakat. Dan bantuan itu diberikan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan pengalaman khusus dalam bidangnya.

  • Menurut Dr. Rachman Natawidjaja

"Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya individu tersebut dapat memahami dirinya, sehingga ia sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar, sesuai dengan tuntunan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, serta kehidupan umumnya. Dengan demikian ia dapat mengecap kebahagiaan hidup dan dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi kehidupan masyarakat umumnya. Bimbingan membantu individu mencapai perkembangan diri secara optimal sebagai makhluk sosial".

            Adapun pengertian konseling dari segi terminologi, menurut James F. Adams, konseling adalah: "suatu pertalian timbal balik antara dua orang individu dimana yang seorang (counselor) membantu yang lain (counselee), supaya ia dapat lebih baik memahami dirinya dalam hubungan masalah-masalah hidup yang dihadapinya pada waktu itu dan yang akan datang.

Secara umum bimbingan dan konseling mempunyai tujuan yang sama dengan tujuan pendidikan, yaitu tercapainya perkembangan kepribadian yang optimal dan harmonis di antara unsure-unsurnya yang meliputi fisik, mental, emosional, sosial, dan moral, bahkan spiritual (religious).

Setelah mengetahui secara singkat tentang apa itu bimbingan dan konseling, meliputi tujuannya. Apakah siswa masih memiliki pemahaman yang buruk terkait peran dari guru BK ? semoga tulisan ini dapat mengubah negative thinking siswa tentang bimbingan dan koseling menuju arah yang lebih baik serta menambah wawasan pembaca tentang bimbingan dan konseling.

Sekian dan terima kasih.

Refrensi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x