Mohon tunggu...
Pena kreatif heandly moreno
Pena kreatif heandly moreno Mohon Tunggu... Heandly mangkali
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis adalah hidupku

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Cerita Relawan Monga'e Sampai Mendunia

24 Oktober 2019   02:04 Diperbarui: 24 Oktober 2019   02:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cerita Relawan Monga'e Sampai Mendunia
Sumber foto : fb relawan mongae

Sumber foto : fb relawan mongae
Sumber foto : fb relawan mongae
Ini adalah tulisan penyemangat, Masyarakat Kabupaten Morowali Utara pasti tidak asing,  bila menyebut nama relawan monga'e....

Relawan yang di koordinir oleh Tadulako monga'e dan anggotanya hampir disetiap desa desa, adalah kebanggan sendiri bagi saya,  sebagai anak asli morut.  Ketika menulis cerita ini. 

Disuatu subuh menjelang pagi,  tiba tiba sebuah mesenger masuk dari kawan, yang bekerja di kapal pesiar dan sedang berlabuh di luar Negri.  Pesan itu memberi kesimpulan,  mereka kagum dengan model edukasi yang dilakukan oleh para relawan mongae.  Yah,  cara cara tradisional,  dan menunjukan kecintaan akan alam dan sesama yang menjadi ciri khas pemberdayaan anggota monga'e menjadi nilai positif yang harus terus dijaga dan dikembangkan pada generasi muda masa kini. 

Bahkan melalui postingan postingan aktif dari relawan monga'e... Kita mendapat banyak informasi baru mengenai sejarah tanah mori.  Relawan monga'e memberikan informasi tentang benda benda dan tempat,  nama-nama dan segala sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan masyarakat mori dulu sampai saat ini. 

Monga'e bahkan menjadi perbincangan disudut pelabuhan kapal pesiar,  mereka mengakui bahwa edukasi yang tradisional penting bagi semua usia dan mudah dipahami.

Bagi saya,  untuk banyak mendapat informasi tentang tanah mori,  maka sedikit banyak,  kita menyempatkan waktu sebentar membaca postingan relawan mongae.  Dari mereka saya mengetahui  banyak tokoh dan tempat sejarah ditanah mori.  

Sebagai anak muda mori,  walaupun bukan anggota mongae,  tetapi saya merupakan simpatisan,  yang harus mengatakan mereka luar biasa membawah tanah lahirku, sampai ke ujung dunia sana. 

Jangan pernah meremehkan komunitas ini,  karna peran mereka dalam membangun daerah dan bercerita tentang sejarah tanah mori, walaupun dikemas sederhana.  Telah memberikan kontribusi yang tidak ternilai bagi para pecinta sejarah. 

Teruslah berbuat relawan mongae,  jika kalian adalah sebuah buku,  maka setiap goresan yang telah dilakukan, akan memberikan bekas dan memperlihatkan pesan pesan yang menyimpulkan kisah dan perjalanan tanah mori. 

I love youuuu mongae

Doa terbaik untukmu kakanda Tadulako Monga'e

Catatan : Hendly

KONTEN MENARIK LAINNYA
x