Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Penulis - Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Makanan Pokok dari Pangan Lokal, Bisa Jadi Salah Satunya Favoritmu

29 Februari 2020   23:57 Diperbarui: 1 Maret 2020   00:09 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nasi sebagai makanan pokok, ditemani ikan hasil laut kita dan lalapan hasil kebun kita (dok.pri)

"Mbak, tadi udah sarapan belum?" tanya seorang teman.

Kebetulan kami pagi ini ada event di luar kota. Yang mengharuskan pagi-pagi sekali kami sudah berkumpul di meeting point yang sudah ditentukan. Dan jawaban saya cukup singkat menanggapi pertanyaan teman saya tadi.

"Nggak sempat sarapan sih. Tapi tadi saya udah makan roti bakar setangkup"

Maksud saya, meskipun belum sarapan "nasi" tapi saya yakin dengan setangkup roti sepertinya bisa memberikan energi selama diperjalanan.

Tahu respon dari teman saya? Dia tertawa terkekeh-kekeh sambil berseloroh.

"Dasar wetenge wong Jowo. Nek Gurung mangan sego, jarene gurung mangan"

Yang artinya orang Jawa (saya) itu menganggap kalau belum makan nasi berarti belum makan yang sesungguhnya. Saya akhirnya ikut ketawa, menyadari omongan saya yang kalau dianalisa memang lucu. Tapi begitulah, prinsip keliru yang sudah diyakini secara turun temurun hehehe. Tidak keliru. Tapi juga salah banget.

Maksud dari jawaban saya adalah, saya mengaku belum sarapan tapi sudah menghabiskan setangkup roti. Berarti saya menganggap roti itu hanya makanan selingan sebelum makan besar yaitu makan NASI. Padahal dalam setangkup roti yang mengandung protein itu sudah ada telur goreng, daging plus tomat dan timun yang melengkapinya. Berarti kebutuhan vitamin untuk tubuh sudah tercukupi kan?

Negara kita tercinta Indonesia ini adalah negara yang kaya dengan sumber pangan dan makanan lokal. Tetapi tampaknya masyarakat belum banyak yang memanfaatkan semua itu untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebenarnya sumber pangan itu tidak hanya pada beras saja. Tetapi Indonesia juga memiliki jagung, sagu, singkong serta umbi-umbian yang bisa menjadi sumber energi tubuh.

Ada yang salah mengartikan bahwa makanan bergizi itu adalah makanan yang mahal. Padahal itu salah kaprah. Apalagi kita tahu banget kalau negara kita ini kaya dengan hasil alam.  Tentu saja lebih bergizi dibandingkan dengan makanan cepat saji meskipun harganya puluhan sampai ratusan ribu. Terutama makanan pokoknya, asli dari potensi pangan lokal.

Memang, sejak dulu  yang banyak diketahui makanan pokok sebagian besar orang Indonesia adalah nasi. Tapi sebenarnya kita mengenal beberapa makanan pokok yang bisa menjadi pengganti nasi. Tentunya tidak kalah enak dan bergizi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun