Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Penulis - Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Jangan Coba-coba Ajukan Pinjaman Online, Data Pribadi Jadi Taruhan

8 Mei 2019   23:33 Diperbarui: 9 Mei 2019   00:25 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siang itu tiba-tiba masuk message WA dari nomor yang tidak dikenal ke handphone saya. Karena tidak ada nama, hanya nomor yang keluar. Penasaran saya pun membukanya.

Selamat siang bu, saya dari aplikasi pinjaman online 1234 mengingatkan untuk segera melunasi pinjaman anda supaya tidak kena denda lebih besar lagi. Kalau ibu ada kesulitan dalam pembayaran, bisa saya bantu.

Saya berpikir sebentar. Pinjaman online 1234? Saya beberapa bulan yang lalu memang pernah mencoba untuk mengajukan pinjaman. Tapi itu hanya untuk uji coba, demi kebutuhan literasi buat bahan tulisan. Karena kebetulan pinjaman online 1234 pernah mengadakan gathering di Surabaya dan saya hadir sebagai undangan.

Pinjaman hanya dalam jangka waktu 15 hari itupun saya jalani. Setelah waktunya melunasi, saya bayar dan selesai. Sampai detik ini saya pun belum tertarik untuk menulisnya. Banyak hal yang sulit untuk saya tuangkan dalam sebuah cerita. Pengalaman pertama itu sebenarnya masih kurang kalau akan saya bikin sebagai artikel. Tapi untuk mencoba yang kedua kali, saya sudah tidak tertarik.

Terus kenapa tiba-tiba saya ditagih?

Sejam saya biarkan sms itu, tiba-tiba nomor itu sms lagi.

Bagaimana bu? Apa ada kesulitan? Kami akan membantu sesuai kemampuan ibu.

Karena penasaran, akhirnya saya jawab. Dan dari situlah terjadi tanya jawab antara saya dengan orang misterius tersebut. Yang profile-nya nggak ada fotonya. Ditanya nama juga nggak jawab. Saya pun berpikir untuk mengorek apa sih maunya dia. Seberapa jauh dia tahu data-data saya.

Maaf, saya baru ganti handphone. Jadi saya kesulitan untuk mengunduh aplikasi pinjaman online 1234 lagi.

Oh iya bu, aplikasi kami sedang dalam perbaikan. Jadi akan ada pembaharuan untuk nomor virtual account ibu. 

Terus saya harus gimana dong?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun