Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Penulis - Mom of 3

Kompasianer Surabaya | Alumni Danone Blogger Academy 3 | Jurnalis hariansurabaya.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Peran UMKM dalam Menggerakkan Usaha Ecommerce di Indonesia melalui Transaksi Online

22 September 2018   13:13 Diperbarui: 22 September 2018   13:56 928
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online : Murah, Cepat dan Aman mengambil tempat di Graha Wiyata Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Pada kesempatan tersebut Kemenkominfo mengadakan pelatihan serta fasilitas dan simulasi jualan online untuk mengajak pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) turut serta membangun dan menggerakan usaha ecommerce di Indonesia, mengingat potensi besar akan perkembangan transaksi online di Indonesia.

Dengan menggandeng IWAPI serta marketplace Blibli untuk mengedukasi  UMKM terkiat penggunaan ecommerce, diharapkan para pelaku UMKM dapat semakin terstimulasi untuk memaksimalkan ecommerce untuk mengembangkan usaha mereka. Indonesia dinilai memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia, mengingat saat ini terdapat penetrasi pengguna internet yang mencapai lebih dari 132 juta, pengguna ecommerce pun terus meningkat dengan bertambahnya portal ecommerce yang memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat saat ini.

"Transaksi online melalui portal ecommerce semakin popular digunakan di masyarakat luas, dan hal tersebut dapat dinilai sebagai perkembangan positif, karena semakin mudah untuk menghubungkan penjual dan pembeli saat ini. Hal tersebut penting disampaikan kepada UMKM agar semakin mengerti potensi pasar yang begitu besar. Langkah awal sudah terjajaki, namum edukasi akan penggunaan portal ecommerce penting untuk terus dilakukan." Jelas Septriana Tangkary, selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim.

"Perkembangan ekonomi ini harus terus di pupuk, dan masyarakat harus terus di beri dorongan dan dukungan untuk terus melakukan transaksi online agar industry dapat terus berkembang dengan pesat. Namun penting untuk diingat, masyarakatpun perlu dilindungi dengan dibekali ilmu cara bertransaksi digital yang aman." tambah Septriana.

Septriana juga menjelaskan bahwa melalui acara tersebut dia juga ingin melakukan sosialisasi gerakan "Ayo UMKM Jualan Online". Saat ini dari data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41% dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Namun, baru sekitar 8% atau sebanyak 3.79 juta pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Padahal tren pergerakan konsumen semakin memberat di transaksi online." jelasnya.

Prof. Dr. Henri Soebiakto, staf ahli menteri kominfo bidang hukum (dok.pri)
Prof. Dr. Henri Soebiakto, staf ahli menteri kominfo bidang hukum (dok.pri)
Yang menjadi naras umber lainnya adalah Prof. Henry Subiakto dari Staff Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Sunu Widyatmo Ketua Bidang Cashloan - Asosiasi Fintech, Adelheid Helena selaku CEO Kredit Pro, Agus Piranhamas Praktisi eCommerce dan Enggar Alfizakli Chanel Sales Blibli.com.

Untuk mengatasi rasa enggan para UMKM berpartisipasi dalam pengembangan ecommerce Indonesia, Kemenkominfo mengajak beberapa narasumber yang terkait untuk membantu menunjukkan proses onboard untuk pelaku UMKM, pengenalan pendaftaran jualan online dan bagaimana cara melakukan jualan online.

Saat ini terdapat potensi besar yang wajib di gali di Indonesia, karena jumlah masyarakat yang memiliki akses terhadap internet memungkinkan Indonesia untuk menjadi pasar transaksi online terbesar di Asia. Tahun 2020 mendatang, transaksi ecommerce di Indonesia ditargetkan mencapai US$ 130 Milyar. Hal ini dapat tercapai, jika UMKM juga turut terlibat dalam membangun pasar dari sisi penyedia barang.

Salah satu peserta UMKM dalam sosialisasi ecommerce (dok.pri)
Salah satu peserta UMKM dalam sosialisasi ecommerce (dok.pri)
Kominfo dan semua pihak yang telibat pada acara ini yakin bahwa melalui edukasi dan pelatihan yang diberikan, para UMKM dapat segera mengambil peran dalam pembangunan industry ecommerce di Indonesia. Dan menghadirkan ragam barang yang menarik bagi pasar yang terus berkembang tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun