Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Seorang yang punya hobi menulis

"ordinary woman, but want to be an extraordinary mom"

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Inovasi dan Peduli Lingkungan di Wegi 4

5 Desember 2015   01:36 Diperbarui: 27 Januari 2016   13:40 469 13 13 Mohon Tunggu...

Satu kehormatan yang tidak pernah saya sangka sebelumnya, yaitu terpilih menjadi salah satu peserta wisata WEGI atau We Green Industry. Kegiatan yang sudah dilaksanakan ke 4 kalinya ini, melibatkan berbagai komunitas yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia khususnya area Jawa dan Bali. Mulai dari komunitas lingkungan, sosial sampai organisasi kampus turut serta dalam acara ini. 

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sebagai pencetus ide, ingin berbagi pengalaman dalam mengelola lingkungan dan sosial masyarakat. Serta mengimplementasikan komitmen Triple Bottom Line (Profit, Planet dan People). Sekaligus mengharap masukan berdasar pengalaman penggiat komunitas dalam melaksanakan program sejenis.

Dari kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut, yaitu pada hari Sabtu 28 Nopember 2015 lalu. Saya ingin berbagi informasi dari beberapa tempat yang telah dikunjungi, dan menjadi catatan penting pada kunjungan wisata kali ini.

1. Inovasi baru itu bernama POROUS CONCRETE. 

Perjalanan pertama kami berhenti di Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di kota Gresik. Kami langsung di sambut dengan sebuah peragaan dimana ada air yang dipancurkan lewat selang,  yang mengguyur di permukaan paving tapi tidak menggenang. Dikarenakan airnya sudah langsung di serap dan diteruskan ke dalam tanah. 

Beberapa bulan yang lalu, Semen Indonesia memang meluncurkan inovasi baru di bidang beton ramah lingkungan yaitu Porous Concrete atau paving blok. Sejenis paving berbentuk kotak persegi panjang yang mampu menyerap air dan bisa mencegah resiko banjir. Salah satunya mampu menjadi solusi atas semakin berkurangnya area serapan air terutama di kota-kota besar. Karena produk ini memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyerap air. Merupakan hasil riset dan inovasi dari karyawan PT. Semen Indonesia yang segera dipasarkan melalui beberapa anak perusahaan di seluruh Indonesia.

Adapun kegunaan Pervious Concrete untuk media resapan air akan memegang peranan penting di masa yang akan datang. Karena sifat dari Pervious Concrete yaitu mampu membantu proses infiltrasi ke dalam tanah dan mengurangi limpahan air hujan. Sehingga dapat mengurangi bencana banjir pada area yang memiliki banyak lapisan kedap air seperti daerah perkotaan.

2. Pengelolaan Sampah Untuk Industri

Rupanya Semen Indonesia juga sangat peduli dengan masalah sampah. Di samping turut memikirkan masa depan kelestarian lingkungan, ternyata sampah juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif pabrik semen yang berada di Tuban. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN