Mohon tunggu...
Yuli Z A
Yuli Z A Mohon Tunggu...

Warga Negara Indonesia Asli, yang cinta dengan tanah air Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Membuat Kuah Bakso dan Manisan Mangga

27 September 2012   02:41 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:37 646 1 0 Mohon Tunggu...

Dua hari ini, aku membuat sesuatu yang belum pernah aku lakukan. Yup, membuat Kuah Bakso. makan Bakso sih sering. Tapi kalo membuat sendiri, kemarin adalah pengalaman pertama kali. Ternyata gampang banget sodara-sodara. O iya, baksonya udah ada. Beli sama teman, kebetulan masih dipojokan dalam tupperware di kulkas.

Ini resep kuah bakso dapat dari teman di sekolah. Dan bebas zat adiktif.

Bahan: Bawang putih kemarin pake 10 siung
Lada, 1/2 sdt  ,kalo pengen pedas, tambahin aja.
Lengkuas (laos)
Garam secukupnya
Gula 1/4 sdt
Air sekitar 750 ml
minyak sayur secukupnya
Caranya:
1. Haluskan Lada dan bawang putih, sama garam.

2. Lalu tumis, dengan minyak sayur secukupnya. Hati-hati jangan sampe gosong, yah sekitar kekuningan dan harumnya sudah keluar. Masukan airnya. Tunggu sampe mendidih.

3. Oh iya, lengkuasnya dikupas, terus di keprok aja. masukin deh, tunggu hingga mendidih,

4. Jangan lupa dicicip ya, o iya, sebagai ganti MSG, saya gak suka MSG. saya kasih gula 1/4 sdt. biar gurih.

5. Biar tambah enak, airnya, air kaldu daging, bisa tulang sapi,  atau dikasih yah dagingnya, jeroan. Kadang kalo suka dikasih lemak-lemaknya. Biar kaldunya terasa.

6. Jadi deh. Berhubug udah abis, suamiku suka banget, jadi lupa difoto sodara-sodara. Jadi pake foto orang aja nih, biar tulisan ini keren xixixixi.

Oya, pagi ini, saya coba membuat manisan Mangga. Ternyata juga gampang banget. Ini juga dapat resep dari temen di sekolah.

Bahan:   Mangga muda 4 buah. (Dua dikasih sodara, duanya lagi ngambil disekolah... ^_^)
Gula 1/2 kg. Kalo mau lebih boleh-boleh aja.

Caranya:
1. Kupas mangga, cuci bersih. Terus di iris tipis-tipis.

2. Terus, taburin  gula. Jadi gak perlu dimasak. Kalo, dimasak, kata teman saya, nanti cepat basi, cepat berbuih. Nah, masukan dalam wadah tertutup, simpan di kulkas. Setelah dua hari, Jadi deh itu manisan mangganya. O iya, ini manisan basah, bukan manisan kering.

Nah, demikianlah eksperimen saya di dua hari ini.

Selamat mencoba.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x