Mohon tunggu...
Pra Yogi
Pra Yogi Mohon Tunggu...

Distributor Nasa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Resep Makanan Sehat untuk Balita Anda

23 Agustus 2017   02:46 Diperbarui: 23 Agustus 2017   14:25 0 1 1 Mohon Tunggu...

Banyak hal yang perlu diperhatikan orang tua kepada anaknya agar si anak, terutama jika si anak masih balita agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di masa depan. Salah satu hal yang paling penting yang harus diperhatikan oleh orang tua kepada anaknya adalah jumlah asupan nutrisi yang harus di berikan kepada si kecil. Terkadang, banyak orang tua yang tidak peduli apa yang seharusnya dimakan oleh anak, padahal pada usia-usia balita, si anak akan lebih tertarik memakan makanan yang tidak sehat dan bahkan apapun di depan mereka akan mereka makan karena pada usia balita, keingintahuan mereka sangatlah besar, sehingga mereka tertarik pada hal-hal yang mencolok dan manis, seperti cokelat dan permen. 

Tentu saja jika masalah ini tidak ditangani dengan cepat, maka si anak akan terus memakan makanan yang manis dan tidak sehat nantinya yang tentunya akan sangat menggangggu pertumbuhan dan perkembangan si anak di masa depan. Oleh karena itu, orang tua harus berpikir keras bagaimana caranya agar si kecil mau makan-makanan yang sehat agar asupan nutrisi yang termakan juga bisa seimbang untuk tumbuh kembang si kecil.

Sebenarnya, membuat makanan sehat untuk balita itu gampang-gampang susah. Yang harus diperhatikan oleh ibu adalah asupan nutrisi yang nantinya akan dimakan oleh si kecil haruslah seimbang. Sebenarnya, saat ini sudah banyak sekali makanan-makanan instant untuk balita yang ditawarkan di supermarket dan pasaran. Namun, memnberikan makanan dan bubur instant untuk si kecil dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya di masa depan, karena bagaimanapun juga makanan-makanan yang instant itu juga mengandung bahan-bahan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan manusia, apalagi kesehatan balita. 

Oleh karena itu, membuat makanan sehat sendiri untuk si kecil masih sangat disarankan  kepada para ibu karena ini tidak akan menyehatkan si keecil, namun juga akan lebih mempererat ikatan antara si ibu dan si kecil. Yang terpenting ketika memasak makanan sehat untuk si kecil adalah si ibu harus pintar-pintar mengelabui si kecil agar makanan sehat yang mereka masak bisa dimakan dengan lahap oleh si kecil. Dan yang pasti, makanan pun haruslah enak selain sehat. Dibutuhkan kreatifitas memang disini selain dalam rasa juga dalam hal tampilan saat menghidangkan sehingga akan menarik minat si kecil, hal ini juga merupakan salah satu cara mengatasi anak susah makan yang bisa diterapkan oleh para orangtua yang memiliki anak yang susah sekali bila diajak makan.

Ada beberapa jenis makanan yang tidak akan sulit membuatnya dan tentunya ibu bisa menyajikan menu-menu yang lezat, bersih, sehat, dan tentunya kaya serat bagi si kecil. Yang paling penting adalah bagaimana si ibu mengolah bahan-bahan makanan ini agar menjadi makanan yang lezat dan menggairahkan bagi bayi. Yang pertama adalah potongan blueberry dan yogurt. Balita manapun tidak akan menolak untuk memakan makanan yang lembut dan lezat ini. Buah blueberry segar biasanya kaya akan vitamin c dan antioksidan yang akan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil, sedangkan yogurt kaya protein dan mineral yang juga akan menjaga daya tahan tubuh si kecil.

Potongan apel yang segar yang dioles ke selai kacangjuga bisa menjadi makanan yang lezat namun sehat bagi si kecil. Apel yang sangat krispi yang dicampur dengan gurih selai kacang akan sangat menarik bagi si kecil untuk memakannya. Selain itu, apel kaya akan vitamin C dan A yang akan sangat penting untuk pertumbuhan si bayi dan juga daya tahan tubuh si bayi.  Sedangkan selai kacang kaya akan protein dan lemak baik yang akan sangat baik bagi kesehatan si bayi. Akan lebih baik jika si ibu membuat sendiri selai kacang agar tidak banyak mengandung gula bagi si kecil.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x