Mohon tunggu...
Hairul Ashter
Hairul Ashter Mohon Tunggu... Jurnalis - Belajar, ajarkan dan amalkan

Jurnalis, Hobi Fotografi dan Pencak Silat

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Soal Lomba, PWI Pusat dan Denny JA Ternyata Tak Profesional

23 Juli 2019   12:03 Diperbarui: 23 Juli 2019   12:15 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster lomba menulis kebangsaan yang di post Denny JA di beranda fb | Sumber: facebook Denny J.A's World

Besarnya nama penyelenggara dalam menyelenggarakan suatu lomba ternyata tidak menjamin lomba itu berjalan profesional. Seperti lomba menulis kebangsaan yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan Denny JA.
Awalnya, lomba meriview tulisan Denny JA terkait NKRI Bersyariah ini dideadline 15 Februari 2019. Saya, sebagai salah satu peserta kategori jurnalis, tentu mengikuti ketentuan sesuai dengan juknis yang ada.

Mulai dari penerbitan di media hingga pengiriman melalui email dan hardcopy ke alamat kantor pusat PWI. Hingga deadline berakhir, sebagai peserta tentu saja menantikan pengumuman lomba tersebut.

Namun, hingga April belum ada pemberitahuan atau pengumuman apapun terkait lomba tersebut. Saya berinisiatif untuk bertanya ke panitia. Melalui email yang ada, per tanggal 19 April, saya kirimkan email ke panitia.

Respon panitia | dokpri
Respon panitia | dokpri
22 April, respon diperoleh dari panitia dengan jawaban lomba akan diumumkan tanggal 1 Juni. Tentu mendapat informasi ini kita terus berharap.
Pertengahan Mei, saya sempat di hubungi panitia melalui whatsapp. Saat itu, ia bertanya mengenai kategori lomba yang saya ikuti. Saya sempat menjawab jika ikut kategori jurnalis. Lantas si panitia meminta link penerbitan di media saya.

Usai itu, saya sempat bertanya ke panitia. Kapan jadwal pengumuman lomba dan berapa jumlah peserta? dijawab panitia, lomba akan diumumkan pada 1 Juni bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Untuk jumlah peserta lumayan banyak.

Sayangnya, sampai waktu yang ditentukan 1 Juni. Lomba tak kunjung juga diumumkan. Di instagram para peserta tak sedikit juga yang bertanya kapan diumumkan? apakah sudah diumumkan dan jika sudah siapa yang menang? sayangnya, tak satu tun respon panitia.

Dannn.....hari ini 23 Juli, ketika buka fb muncul di beranda Denny JA poster akan lomba ini. Awalnya, saya kira pengumuman, ternyata poster serupa namun saat dibaca dengan saksama syarat dan ketentuan, deadline penulisan diperpanjang hingga 31 Juli.

Upsss.....benar ini hak panitia untuk memperpanjang deadline dan lainnya tapi saya kira dengan penyelnggara yang berkelas seperti PWI Pusat dan Denny NA, tentu hal ini sangat tidak profesional.

Apakah ada yang senasib dengan saya? mudah-mudahan tulisan ini jadi pelajaran untuk semua penyelenggara lomba untuk lebih profesional.

Salam hangat dari Pulau Bangka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun